Tips Mengatasi Bad Mood: Konsumsi Makanan Ini untuk Suasana Hati Lebih Baik

  • Bagikan
Ilustrasi makanan bervitamin tinggi. (Jawapos)

RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Saat suasana hati sedang buruk, memilih makanan yang tepat dapat menjadi salah satu cara untuk memperbaiki mood. Beberapa makanan sehat yang mengandung nutrisi penting ternyata mampu meningkatkan perasaan bahagia dan meredakan stres.

Terkadang kita sering merasa lelah dan tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas apapun. Kondisi ini bisa disebabkan oleh suasana hati yang buruk atau "bad mood", yang membuat seseorang merasa emosional, mudah tersinggung, hingga kehilangan semangat. Penyebab dari bad mood bisa bermacam-macam, seperti perubahan hormon, stres, masalah pribadi, atau lingkungan sekitar.

Dikutip dari Jawapos.com, dalam kondisi seperti ini, orang sering kali mencari makanan yang bisa memperbaiki mood mereka. Selain cokelat yang dikenal sebagai mood booster, ternyata ada banyak makanan sehat lainnya yang juga dapat membantu meningkatkan suasana hati.

1. Ikan Berlemak

Mengkonsumsi ikan laut yang kaya akan lemak seperti tuna dan salmon terbukti dapat meningkatkan mood. Hal ini karena ikan tersebut mengandung omega-3, docosahexaenoic acid (DHA), dan eicosapentaenoic acid (EPA), yang dikenal mampu menurunkan tingkat depresi. Mengutip laman Healthline, minyak ikan juga dapat membantu memperbaiki suasana hati secara keseluruhan.

2. Pisang

Pisang adalah buah yang mengandung Vitamin B6, yang berperan dalam sintesis neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin. Kedua hormon ini berfungsi meningkatkan perasaan bahagia, sehingga mengkonsumsi pisang dapat membantu memperbaiki suasana hati.

3. Gandum (Oats)

Gandum yang terdapat dalam oatmeal atau granola memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat ini membantu memperlambat pencernaan karbohidrat, menjaga energi tetap stabil, dan mencegah perubahan drastis pada kadar gula darah. Hal ini membuat suasana hati lebih terjaga sepanjang hari.

4. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, kefir, dan kombucha mengandung mikroorganisme yang mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus. Bakteri sehat ini dapat mempengaruhi produksi serotonin, yang berperan penting dalam pengaturan suasana hati.

5. Apel

Selain menjadi camilan sehat, apel mengandung polifenol seperti asam kafeat dan klorogenat, yang memiliki efek antidepresan. Mengkonsumsi apel dapat menjadi pilihan tepat untuk membantu memperbaiki suasana hati yang buruk.

6. Teh Hijau

Teh hijau mengandung asam amino yang dapat merangsang pelepasan dopamin, hormon yang dikenal sebagai "hormon bahagia". Zat ini membantu tubuh merasa lebih rileks dan bahagia. Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi alami yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.

7. Teh Saffron

Saffron adalah rempah alami yang dapat membantu meningkatkan produksi serotonin di otak, menjadikannya antidepresan alami. Selain memperbaiki mood, teh saffron juga dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan Parkinson, serta memiliki sifat anti-peradangan.

Ketika suasana hati memburuk, mengkonsumsi makanan-makanan tersebut dapat menjadi pilihan alami untuk memperbaiki mood dan mengembalikan energi. (**)

  • Bagikan

Exit mobile version