Tingkatkan Kapasitas SDM, Warga Desa Bira Dilatih Processing

  • Bagikan
Pelatihan berbasis MTU di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari.

BONTOBAHARI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dalam rangka peningkatan kapasitas SDM di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, maka warga warga setempat diberi pelatihan processing atau pengolahan ikan.  Pelatihan Berbasis Mobile Training Unit (MTU)  ini merupakan pelatihan angkatan IV Tahun 2024 UPTD Balai Latihan Kerja Bulukumba Kejuruan Processing.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala UPTD   BLK Bulukumba, H Muhammad Yusuf, Camat Bontobahari  Andi Syamsir Achyat Patunru, Kepala Desa Bira Murlawa, Kepala BPVP Kabupaten Bantaeng  Azhari Arifuddin, ST, Kasubag TU UPTD BLK H. A. Ibrahim, SE, Fitriani, T, S.Pd selaku Instruktur UPTD BLK Bulukumba beserta staf Balai Pelatihan kerja Bulukumba.

Azhari Arifuddin, ST selaku Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bantaeng membuka pelatihan Berbasis Mobile Training Unit (MTU) secara resmi.

Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. 

"Kami diberi amanat oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, untuk melaksanakan program pelatihan diseluruh wilayah Sulawesi Selatan," katanya. 

"Untuk saat pelatihan ditempatkan di Desa Bira di Kabupaten Bulukumba. Selain di Kabupaten Bulukumba kami juga memiliki binaan di Kabupeten Jeneponto, Selayar, Wajo, dan Bone. Kedepan Kabupaten Sinjai juga akan bergabung menjadi binaan," lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama Camat Bontobahari Andi Syamsir Achyat Patunru menyampaikan harapannya kepada peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan dengan bersungguh-sungguh serta memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya.

"Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 18 hari kedepan dan diikuti oleh 16 peserta. Peserta yang mengikuti pelatihan juga akan diberikan sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan program pelatihan kerja," jelasnya.

Pembukaan kegiatan tersebut ditutup dengan penyerahan name tag oleh Kepala UPTD BLK, Kepala BPVP dan Kepala Desa Bira kepada perwakilan peserta kejuruan sebagai tanda telah dimulainya pelatihan. (**)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan