Pemkab Bulukumba Kerjakan 45.252 M² Jalan di Tahun 2024

  • Bagikan
Ilustrasi pengerjaan jalanan di era Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Bulukumba mengerjakan pembangunan jalan sepanjang 45.252 meter untuk tahun anggaran 2024. Pengerjaan tersebut tersebar di beberapa kecamatan dengan total anggaran mencapai Rp. 64,7 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Andi Zulkifli Indrajaya, menjelaskan bahwa proyek tersebut didanai dari berbagai sumber.

"31.274 m² jalan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), sementara 5.869 m² didanai oleh Dana Alokasi Umum (DAU) Rekonstruksi," ujar Andi Zulkifli.

Selain itu, lanjutnya, Dana Alokasi Umum (DAU) Berkala dialokasikan untuk 2.480,60 m² jalan, dan 5.619 m² didanai oleh Dana Bantuan Provinsi.

Andi Zulkifli menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur jalan menjadi prioritas utama Pemkab Bulukumba.

Selama tiga tahun terakhir, Pemkab telah mengalokasikan sekitar Rp 237 miliar untuk memperbaiki jalan rusak. Dari total lebih dari 500 kilometer jalan yang rusak, sekitar 295 kilometer telah diperbaiki hingga saat ini.

Namun, proses pembangunan ini sempat mengalami kendala. Humas Pemkab Bulukumba, Andi Ayatullah Ahmad, mengungkapkan bahwa pada tahun pertama kepemimpinan Andi Utta-Edy Manaf, refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19 berdampak pada pengerjaan infrastruktur.

“Meski terbatas anggaran, capaian pembangunan infrastruktur tetap terlihat jelas berkat strategi efektif dari Pak Bupati dengan prinsip prioritas tuntas dan berkualitas,” jelas Andi Ayatullah.

Ia juga memastikan bahwa perbaikan jalan rusak akan terus berlanjut sesuai dengan ketersediaan anggaran. "Cepat atau lambat, jalan-jalan yang rusak di Bulukumba akan diperbaiki," pungkasnya.****

  • Bagikan

Exit mobile version