Tingkatkan Kreativitas Pemuda dan Pelajar Melalui Pentas Seni dan Budaya

  • Bagikan
Technical meeting Disparpora dan peserta pentas seni dan budaya.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bulukumba, akan melaksanakan pentas seni dan budaya pemuda tahun 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Ferryawan Z Fahmi mengatakan, kegiatan ini bertujuan melatih kepercayaan diri, tempat menyalurkan bakat dan minat dan hiburan untuk pelajar dan pemuda.

"Dengan diadakannya Pentas Seni dan Budaya Tingkat pelajar dan pemuda diharapkan akan memberi manfaat yang signifikan bagi semua pihak terkait terutama untuk meningkatkan nilai kebersamaan, kreativitas dan hiburan bagi masyarakat khususnya pelajar dan pemuda Kabupaten Bulukumba," katanya, Rabu 16 Oktober.

Menurutnya, pentas seni antar pelajar dan pemuda diadakan untuk mempererat relasi siswa dan pemuda, mengasah kreativitas, serta ajang hiburan dan pertunjukan talenta. Pada umumnya terdapat berbagai penampilan dalam pentas seni seperti: seni music, seni tari, pembacaan puisi, pertunjukan musical, pertunjukan teater.

"Pada kegiatan ini kami mengusung tema Warna-Warni Bakat Nusantara, maksudnya adalah menggabungkan kekayaan Budaya Nusantara dengan semangat muda dalam bentuk karya seni yang beragam," jelasnya.

Ferryawan menuturkan, ada dua kategori pada kegiatan ini, di antaranya kategori pelajar dan kategori umum. Untuk kategori pelajar terdiri dari perwakilan SMA, SMK dan MA di Bulukumba, tediri dari grup kelompok bukan perseorangan minimal 3 orang, menampilkan salah satu penampilan seni musik (band atau akustik) tari kreasi (tradisional atau modern), musikalisasi puisi dan tema bebas namun tidak mengandung SARA.

"Adapun ketentuan untuk kategori umum di antaranya berusia 16 -30 tahun dibuktikan dengan identitas diri, terdiri dari grup atau kelompok atau individu, menampilkan salah satu penampilan seni musik (band, akustik) tari kreasi (tradisional/modern) dan musikalisasi puisi,  kemudian tema bebas dan tidak mengandung SARA," tutupnya. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan

Exit mobile version