Hari Pertama Tes CPNS Pemkab Bulukumba 2024, Panitia Terapkan Pemeriksaan Berlapis

  • Bagikan
Registrasi peserta tes CPNS Bulukumba di Kampus UMB, Bulukumba, Selasa, 22 Oktober 2024

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Bulukumba resmi dimulai. Pada hari pertama, sebanyak 629 peserta mengikuti tes yang dipusatkan di Kampus Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB), Selasa, 22 Oktober 2024.

Pelaksanaan SKD CPNS dibagi menjadi empat sesi dalam satu hari, dengan setiap sesi diikuti oleh lebih dari 100 peserta.

Berdasarkan pantauan RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, sejak pagi hari, para peserta yang mengenakan pakaian atasan putih dan bawahan hitam sudah memadati area kampus.

Tes sesi pertama dimulai tepat pukul 08.00 WITA, namun para peserta diwajibkan hadir satu jam sebelumnya untuk melakukan proses registrasi.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bulukumba, Ahmad Rais, yang ditemui di lokasi tes, menjelaskan tahapan-tahapan yang harus dilalui peserta sebelum memasuki ruangan tes.

"Peserta terlebih dahulu melakukan scan barcode untuk mengetahui nomor urut absensi, kemudian menitipkan barang bawaan di loker yang telah disediakan. Hanya KTP dan kartu ujian yang diizinkan dibawa masuk ke area steril, bahkan aksesori seperti ikat pinggang pun dilarang," jelas Rais.

Setelah melewati proses registrasi awal, peserta diarahkan ke ruang tunggu sebelum identitas mereka diperiksa dan dilakukan scan wajah untuk verifikasi. Panitia kemudian memberikan PIN peserta yang digunakan untuk mengakses sistem CAT (Computer Assisted Test).

Sebelum memasuki ruang tes, peserta kembali diperiksa untuk memastikan mereka tidak membawa barang selain KTP dan kartu ujian. Setelah dinyatakan steril, peserta dipersilakan masuk ke tenda steril dan menunggu giliran untuk mengikuti ujian.

Di ruang tes, meja-meja yang dilengkapi laptop telah dipersiapkan untuk masing-masing peserta. Peserta harus menginput NIK, nomor peserta, dan PIN yang diberikan untuk memulai ujian.

Mereka diberikan waktu 100 menit untuk menyelesaikan 110 soal. Nilai ujian langsung muncul di layar setelah peserta selesai mengerjakan.

Setelah tes selesai, peserta dilarang membawa keluar kertas kosong yang diberikan sebelumnya. Petugas kembali melakukan pemeriksaan di pintu keluar untuk memastikan tidak ada barang atau kertas yang keluar dari ruang ujian.

Pelaksanaan tes hari pertama berjalan lancar dengan pengawasan ketat dari panitia dan petugas keamanan.

"Untuk panitia pelaksana itu BKPSDM Bulukumba, kemudian Inspektorat hadir sebagai pengawas, dan Satpol PP Bulukumba selaku pihak pengamanan," tukas Rais.****

  • Bagikan