Tingkatkan Profesionalisme Tenaga Pendidik, Kepala MTsN 4 Tekankan Penggunaan Media Pembelajaran Digital

  • Bagikan
Suasana supervisi di MTsN 4 Bulukumba.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dalam rangka meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik, baru-baru ini, MTsN 4 Bulukumba melaksanakan supervisi pembelajaran.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah, H. Samsu Alam, bersama Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik, Hj. Yusrawita, dan Kasman, S.Pd.Gr., seorang guru yang juga bertindak sebagai supervisor.

Supervisi pembelajaran, yang merupakan proses terencana dan berkelanjutan, bertujuan untuk memantau dan meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah.

Proses ini meliputi pengamatan langsung terhadap pembelajaran, pemberian umpan balik kepada guru, serta perencanaan perbaikan yang diperlukan.

H. Samsu Alam menjelaskan bahwa tujuan utama dari supervisi ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar dan memastikan bahwa proses pembelajaran berlangsung sesuai standar. 

"Meskipun ada beberapa agenda supervisi yang tertunda karena kegiatan persiapan Maulid di kantor dan madrasah, kami tetap berkomitmen untuk menyelesaikan supervisi sesuai jadwal. Supervisi ini adalah kegiatan rutin tahunan yang melibatkan seluruh tenaga pendidik, baik ASN maupun non-ASN," ujarnya.

Salah satu poin penting yang ditekankan oleh Kepala Madrasah adalah penggunaan media pembelajaran digital dalam setiap proses pengajaran. 

"Kami mendorong para guru untuk memanfaatkan media digital di kelas sebagai bagian dari persiapan menuju digitalisasi madrasah. Ini penting untuk mendukung pembelajaran yang lebih modern dan interaktif," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik, Hj. Yusrawita, menambahkan bahwa supervisi ini berfokus pada tiga aspek utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. 

"Supervisor bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pembelajaran berjalan sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Tahapan supervisi mencakup evaluasi perencanaan pembelajaran, pemantauan pelaksanaan di kelas, dan penilaian hasil belajar siswa," jelas Yusrawita.

Kasman, S.Pd.Gr., yang juga bertindak sebagai supervisor, menekankan pentingnya supervisi sebagai upaya membangun kolaborasi antara guru dan supervisor. 

"Dengan supervisi ini, kami ingin menciptakan suasana kerja yang kolaboratif, di mana guru dapat saling berbagi ide, berdiskusi, dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif sesuai dengan kebutuhan siswa dan karakteristik mata pelajaran," ujar Kasman.

Selain itu, supervisi juga bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam implementasi Kurikulum Merdeka, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa.

"Dengan supervisi ini, MTsN 4 Bulukumba berharap dapat terus meningkatkan mutu pembelajaran dan mempersiapkan diri untuk menghadapi era digitalisasi pendidikan di madrasah," harapnya. **

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan