171 Peserta Didik SD dan SMP Berkompetisi di FTBI Tingkat Kabupaten

  • Bagikan
Pembukaan FTBI tingkat Kabupaten Bulukumba, Kamis 24 Oktober 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 171 peserta didik tingkat SD dan SMP se Kabupaten ikut berkompetisi di Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bekerjasama KKG dan MGMP Bahasa Daerah Kabupaten Bulukumba, Kamis 24 sampai 25 Oktober 2024.

Kegiatan tersebut di empat tempat berbeda yakni di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulukumba, Aula UPT SPF SMPN 2 Bulukumba, Ruang Laboratorium Komputer UPT SPF SMPN 2 Bulukumba dan Aula TK Negeri Pembina Bulukumba.

Panitia Pelaksana yang juga Plt. Kepala Seksi Pesdik Disdikbud Bulukumba, Henra Taherong mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya pelestarian dan pengembangan bahasa dan sastra daerah melalui pewarisan kepada generasi muda adalah revitalisasi. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah meluncurkan Merdeka Belajar episode 17 Revitalisasi Bahasa Daerah. 

"Ini adalah langkah pelindungan bahasa dan sastra daerah melalui revitalisasi harus didukung oleh semua pemangku kepentingan. Termasuk di dunia pendidikan formal mesti ada gerakan yang sifat masif dan terstruktur dalam proses pembelajaran yang memuat konten bahasa dan sastra daerah," ungkapnya.

Henra Taherong menjelaskan kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu ini bertujuan untuk memberikan ruang aktualisasi bakat, minat dan potensi peserta didik yang telah mendapatkan pengimbasan dan pembinaan kegiatan revitalisasi bahasa daerah dari guru atau pembinanya

"Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat demi pengembangan peserta didik untuk revitalisasi Bahasa Daerah dan peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Bulukumba. Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Kuasai Bahasa Asing," tuturnya.

Sementara itu, Nuhriadi Koordinator Lomba FTBI Kabupaten Bulukumba menambahkan ini dilaksanakan guna mendukung gerakan revitalisasi bahasa daerah untuk satuan pendidikan formal SD dan SMP Se Kabupaten Bulukumba ini juga dilaksanakan sekaligus sebagai bentuk seleksi calon peserta FTBI Tingkat Provinsi Tahun 2024 yang akan diselenggarakan oleh Balai Bahasa Sulawesi Selatan.

"Peserta adalah peserta didik satuan pendidikan formal SD dan SMP se Kabupaten Bulukumba, dengan rincian adalah peserta didik adalah peserta didik utusan hasil seleksi FTBI tingkat kecamatan di 10 Kecamatan se Kabupaten Bulukumba dengan jumlah sebanyak 171 peserta didik tingkat SD 80 orang tingkat SMP 91 orang," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan jenis-jenis lomba yang dipertandingkan dalam FTBI Kabupaten Bulukumba Tahun 2024 adalah sebagai berikut Lomba Cerpen (1 Putra dan 1 Putri), Lomba Mendongeng (1 Putra dan 1 Putri), Lomba Komedi Tunggal (1 Putra dan 1 Putri)  dan Lomba Pidato (1 Putra dan 1 Putri).

"Kami berharap peserta didik dapat menunjukkan kemampuannya dalam mengimplementasikan penggunaaan bahasa daerah sesuai dengan karakteristik lingkungan sosial budaya sekitarnya," harapnya. ***

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan