Peserta Didik SMPN 40 Bulukumba Kunjungi Kawasan Adat Kajang

  • Bagikan
Suasana kunjungan peserta didik SMPN 40 Bulukumba di Kawasan Adat Kajang, baru-baru ini.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dalam upaya mengaktualisasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Kearifan Lokal. Peserta didik SMPN 40 Kabupaten Bulukumba melakukan kunjungan atau study tour di Kawasan Adat Tanah Towa Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, baru-baru ini.

Kepala SMP Negeri 40 Kabupaten Bulukumba, Idharyani mengatakan dalam kegiatan sebanyak 220 peserta didik kelas VII yang diikutkan. Ini diadakan untuk memperkenalkan kepada peserta didik soal budaya yang di Bulukumba agar mereka mengetahui dan memahami budaya asli Bulukumba.

"Bulukumba memiliki kearifan lokal yang sangat beragam. Salah satunya adalah budaya Kajang di Ammatoa. Banyak hal di sana yang perlu dikaji. Bukan hanya pakaian hitamnya, tetapi juga perilaku-perilaku masyarakat adat yang perlu dipelajari. Oleh karena itu, sebagai kepala sekolah mendukung peserta didik yang berkolaborasi dengan guru pembina untuk melakukan kegiatan kunjungan riset di wilayah tersebut," ungkapnya, Kamis 24 Oktober 2024.

Idaharyani berharap melalui kegiatan ini, peserta didik mampu mengambil pelajaran berharga dari cara hidup masyarakat Ammatoa yang sangat menjaga kelestarian alam dan tradisi.

"Kami berharap setelah kunjungan ini, peserta didik dapat mengaplikasikan nilai-nilai kearifan lokal yang mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari dan melalui ini juga  diharapkan visi sekolah terkait pembentukan karakter dapat tercapai," tutupnya.**

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version