BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba menggelar kegiatan In-house Training (IHT) Komunikasi Efektif yang diikuti oleh pegawai di ruang pertemuan lantai 2, Jumat 6 Desember 2024.
Kegiatan yang dimotori oleh Kelompok Kerja Komunikasi Efektif (Pokja KE) diadakan dalam rangka memenuhi elemen penilaian pada standar akreditasi rumah sakit dan juga sebagai sarana atau media peningkatan pengetahuan tenaga kesehatan RSUD H.Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba mengenai hak pasien dan keluarga serta soft skill komunikasi efektif dalam bertugas.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Direktur Pelayanan Non Medik, Pengembangan SDM, Penelitian dan Pengembangan, Dr.Asnarti Said Culla,SH.MH. Kegiatan akan berlangsung selama 1 hari dengan jumlah total peserta sebanyak 50 peserta.
Dr. Asnarti Said Culla, SH.MH sambutannya menyampaikan tujuan kegiatan ini sangat penting, selain untuk persiapan akreditasi rumah sakit tetapi juga untuk mengingat kembali dan menambah wawasan baru bagi tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan lainnya yang bertugas di RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba.
"Kegiatan ini diharapkan tidak hanya untuk persiapan akreditasi saja, tetapi bisa kita terapkan saat melaksanakan tugas kita. Untuk itu, mari kita ikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga apa yang didapatkan selama kegiatan ini dapat di implementasikan pada pelayanan terhadap pasien sehari-hari dan menjadi agen of change ditempat tugas masing-masing untuk memberikan pengaruh yang positif dalam meningkatkan pelayanan di RSUD H.Andi Sulthan Daeng Radja," ungkapnya.
Adapun materi yang disampaikan kepada para peserta antara lain dasar komunikasi, hak pasien dan keluarga, manajemen komunikasi dan edukasi, komunikasi petugas dengan pasien dan keluarga, komunikasi antar Profesional Pemberi Asuhan (PPA), komunikasi dengan tekhnik SBAR, serta beberapa materi lainnya.
Dlakhir acara In House Training ini (IHT) ini, peserta mengikuti ujian untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan. ***