BPJS Ketenagakerjaan Bulukumba bayarkan Rp 46,99 Miliar Klaim di Tahun 2024

  • Bagikan
Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bulukumba Sahid Wahid, S.H.,M.H.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Bulukumba telah menyalurkan klaim sebanyak Rp 46,99 miliar di tahun 2024.

Nominal tersebut diberikan kepada 3.271 klaim yang diajukan sepanjang tahun 2024 dengan nominal pembayaran klaim tertinggi dari program JHT (Jaminan Hari Tua) mencapai 2.876 klaim dengan nominal sebesar Rp 39,40 miliar disusul dengan JKM (Jaminan Kematian) 154 klaim sebesar Rp 5,69 miliar, JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) 85 klaim sebesar Rp 1,04 miliar, JP (Jaminan Pensiun) 147 klaim sebesar Rp 831 juta, dan JKP (Jaminan Kehilangan Pekerjaan) 9 klaim sebesar Rp 12 juta.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bulukumba Sahid Wahid, S.H.,M.H. mengatakan bahwa sumber dana untuk pembayaran tersebut bersumber dari Dana Jaminan Sosial (DJS) yang dihimpun lalu kemudian disalurkan kepada seluruh penerima manfaat.

“Sesuai ketentuan yang diatur dalam undang-undang, bahwa seluruh pembayaran klaim bersumber dari DJS yang disalurkan sesuai dengan masing-masing program,” katanya,

Nilai klaim tersebut merupakan akumulasi pembayaran manfaat JHT, JKM, JKK, JP dan JKP yang diterima oleh para pekerja. Baik itu pekerja dari sektor Penerima Upah (PU), Bukan Penerima Upah (BPU), maupun sektor Jasa Konstruksi (Jakon).

Sahid Wahid menjelaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bulukumba akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan di tahun 2025 dan akan terus melanjutkan kerjasama dengan Pemerintah Daerah agar dapat memperluas layanan BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Bulukumba.

“Kami akan terus berkomitmen dan berupaya meningkatkan kualitas layanan kami kepada peserta khususnya kepada masyarakat Bulukumba di tahun 2025, kami juga tentunya berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba untuk berkolaborasi secara aktif guna meningkatkan coverage kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di kabupaten Bulukumba agar dapat memperluas pelayanan kami ke seluruh lapisan masyarakat pekerja khususnya pekerja informal di Kabupaten Bulukumba” jelasnya.

Hal ini sebagai bukti bahwa BPJS Ketenagakerjaan terus konsisten memberikan pelayanan prima kepada peserta dengan terus melakukan inovasi dan perbaikan agar peserta mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan baik itu pelayanan informasi, klaim, dan pendaftaran. (ria/has/B).

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi
  • Bagikan