Beranda Bulukumba 24 Anak Muda Bulukumba Tampil Membanggakan Di Lelang Karya Pemuda 2019

24 Anak Muda Bulukumba Tampil Membanggakan Di Lelang Karya Pemuda 2019

Minggu, 28 Juli 2019, 19:27 WITA
BERKARYA. Para peserta Lelang Karya Pemuda 2019 berpose bersama Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto dan dewan juri, usai mempresentasikan karya mereka, Minggu 28 Juli di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Sebanyak 24 pemuda Bulukumba tampil membanggakan saat mempresentasikan karya mereka di ajang Lelang Karya Pemuda 2019, di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Sabtu dan Minggu, 27 dan 28 Juli 2019.
Lelang Karya Pemuda adalah kegiatan yang baru pertama kali dilakukan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan ini mengangkat tema “Pemuda Mandiri, Berkarya, dan Berdaya untuk Indonesia”. Terdapat 25 karya dari 25 pemuda Bulukumba yang lolos seleksi untuk dinilai oleh dewan juri. Tapi yang berkesempatan hadir hanya 24 orang.

Advertisement

Dewan Juri yang terdiri dari Sunarti Sain (Pemimpin Redaksi Harian Radar Selatan), Armin Salassa (aktivis NGO), dan Arman (KNPI Bulukumba) terkagum-kagum dengan setiap karya yang dipresentasikan oleh peserta yang usianya di bawah 30 tahun itu. “Anak muda Bulukumba hebat-hebat. Saya benar-benar bangga,” ujar Armin Salassa.

Selama dua hari berturut-turut tampil kaum muda dari berbagai bidang inovasi. Baik dari bidang teknologi, pendidikan, pangan, sosial, keagamaan, budaya maupun pariwisata dan lingkungan.

Andi Muhammad Bayu misalnya. Dengan karya “Sambel Teri Pinisi” , Bayu optimis mampu mengembangkan usahanya secara berkelanjutan dengan kekuatan kolaborasi. Ada juga Faisal Hakim yang menciptakan Tari Pinisi Penakluk Empat Benua. Di hadapan dewan juri Faisal menjelaskan bahwa karyanya itu terinspirasi dari ketangguhan Pinisi. Karya lainnya yang ditampilkan adalah Lukisan Kaca dari Hendra Gunawan. Hendra mengembangkan industri kreatif lukisan kaca dengan memanfaatkan limbah kaca yang banyak terdapat di kampungnya. Lukisan Kaca miliknya bahkan sudah terjual sampai di Malaysia.

Banyaknya karya yang luar biasa dari anak muda Bulukumba menarik perhatian Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto.
Wabup bahkan ikut hadir mendengarkan pemaparan para pemuda ini selama dua berturut-turut. “Saya sangat tertarik dengan apa yang mereka lakukan. Karya mereka ini umumnya lahir dari keterbatasan, keprihatinan bahkan bentuk perlawanan. Ini menjadi sesuatu yang luar biasa karena diwujudkan dalam bentuk karya. Insya Allah pemerintah akan memperhatikan kerja-kerja yang sudah dilakukan kawan-kawan pemuda. Terutama peserta Lelang Karya Pemuda 2019,” terangnya.

Indrawati Amin, Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Bulukumba menambahkan, pemenang dari Lelang Karya akan diumumkan pada penutupan Festival Pemuda di Pantai Tanjung Bira, 4 Agustus mendatang. (jar)