Beranda Bulukumba 4000 Rapid Test Disiapkan

4000 Rapid Test Disiapkan

Rabu, 1 April 2020, 18:44 WITA
REPORTER: BASO MAREWA
EDITOR: HASWANDI ASHARI
BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Corona Virus Disease 19 (Covid-19) Kabupaten Bulukumba, mempersiapkan sebanyak 4000 (empat ribu) Rapid Test untuk mendeteksi Covid-19.
Juru bicara (Jubir) Gugus Satgas Covid-19 Kabupaten Bulukumba, Daud Kahal menjelaskan, rapid test merupakan alat pendeteksi virus yang hasilnya bisa diketahui dalam waktu paling cepat 4 (empat) jam.
“Jadi Rapid Test ini adalah alat pendeteksi corona, hasilnya bisa diketahui paling cepat 4 jam,” terangnya kepada RADAR SELATAN melalui pesan WhatsApp, Rabu, 1 April 2020.
Walaupun begitu, untuk mengikuti atau menggunakan Rapid Test ini, warga Bulukumba mesti bersabar menunggu waktu, karena menurut Daud Kahal, rapid test Corona ini masih dalam proses pemesanan.
“Baru sementara proses pemesanan, jadi kami memesan 4.000 rapid test,” katanya.
Lanjut Daud Kahal, terkait prosedur dan siapa saja sasaran test corona dengan menggunakan alat tersebut belum dibahas bagaimana teknisnya.
“Belum (prosedur penggunaan, red), nanti akan dibahas setelah alatnya sudah tiba. Tapi kemungkinan yang prioritas itu ODP apalagi kan alatnya terbatas,” ujarnya.
Daud Kahal yang juga sebagai Kadis Kominfo Kabupaten Bulukumba ini mengungkapkan Rapid Test Covid-19 ini dipesan langsung di Jakarta.
“Kalau mengenai kapan alatnya tiba, itu belum pasti. Karena masih dalam proses pemesanan,” kata Daud Kahal.
Sementara itu, sejauh ini untuk melakukan pendeteksian dini gejala Covid-19, menurut Daud Kahal pihaknya telah membekali alat pendeteksi suhu tubuh kepada Petugas Dinas Kesehatan, puskesmas, RSUD, dan juga posko-posko pemeriksaan. (*)