Adu Kuat Figur di Gantarang dan Kindang

by

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Puluhan nama bakal calon bupati mencuat jelang Pilkada Bulukumba 2020. Mereka datang dari latar belakang berbeda-beda dan tersebar dari seluruh kecamatan di Kabupaten Bulukumba sebagai refresentatif kewilayahan.

Pantuan RADAR SELATAN, mereka yang bakal bertarung terdapat beberapa nama yang berasal dari kecamatan atau dapil yang sama. Adu strategi dan kekuatan basis suara pun tak bisa dipungkiri bakal sangit terjadi untuk mendapatkan dukungan terkhusus di daerah asalnya.

Di Gantarang misalnya atau secara umum Dapil Gantarang-Kindang, sejumlah figur akan bertarung di dapil dengan jumlah DPT terbanyak di Bulukumba ini. Sejumlah figur bakal adu kuat untuk mendapatkan dukungan masyarakat, mereka adalah Ketua PPP H. Askar, Ketua Golkar Andi Hamzah Pangki dan dari gerbong Sorajae yakni Sektetaris Dinas Pariwisata Andi Mattampawali alias Andi Ungko dan ada nama Andi Soraya, legislator PKB.

Bakal calon Bupati Bulukumba, H. Askar yang diminta tanggapan soal itu menganggap kata “pertarungan” kurang cocok dilekatkan pada kontestasi politik melainkan kompetisi. Dengan melihat kontestasi politik sebagai ajang kompetisi, maka seharusnya seluruh figur yang menyatakan sikap maju menonjolkan program, visi-misi serta strategi tanpa menjatuhkan pihak lain.

“Kita ini kawan kompetisi. Kita adu gagasan, itu lebih fair. Yah wajar lah kalau ada yang beranggapan begitu. Tapi yang pasti tidak ada polarisasi atau dominan kedaerahan. Kita ini satu yaitu Bulukumba,” katanya.

Iapun menegaskan tak ada pengklaiman daerah basis. Pasalnya, masyarakat memiliki hak tersendiri menentukan calon pemimpinnya ke depan. Tugas bakal calon yakni untuk meyakinkan publik saja dengan menuangkan ide dan gagasannya saat bersosialisasi.

Karena baginya semua kecamatan di Bulukumba sama posisinya khususnya soal potensi mendulang suara. Hal itu bisa dilihat selama hampir sepekan lalu, membuludaknya ribuan tokoh masyarakat yang tersebar di semua kecamatan hadir dalam acara silaturahminya.

“Sama banyak, sama-sama menunjukkan komitmennya bersama Andalanta menuju Pilkada,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan, Andi Hamzah Pangki melalui juru bicaranya, Irwan Nasir. Menurutnya, tak ada daerah basis suara, karena baginya seluruh kecamatan di Bulukumba memiliki peluang yang sama untuk digarap.

“Kalaupun ada yang mengatakan demikian tidak salah juga, karena kan Pak Hamzah legislator tiga periode di dapil Gantarang Kindang,” katanya.

Namun begitu, keberpihakan Hamzah Pangki selama ini tidak terikat pada ruang kewilayahan, hal itu bisa dilihat saat menjabat sebagai Ketua DPRD. Dimana AHP hadir untuk seluruh warga Bulukumba.

“Pada intinya kondisi masih dinamis. Konstelasi politik belum bisa ditebak. Hamzah Pangki tentu akan berusaha merangkul semua pihak. Jika bisa berada satu gerbong, kenapa tidak? Jika tidak bisa mau tidak mau perebutan suara bisa saja terjadi. Bukan hanya di Gantarang Kindang, wilayah lainnya juga tentu akan menjadi bagian dari gerakan politik pemenangan kami,” tukasnya. (faj/has)

Loading...