Beranda Bulukumba Andalanta Memakmurkan versus Kacamatayyamo

Andalanta Memakmurkan versus Kacamatayyamo

Senin, 14 Oktober 2019, 16:19 WITA

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba telah memulai tahapan Pilkada 2020. Partai politik dan figur yang bakal maju dalam perebutan kursi kepemimpinan kian intens membangun komunikasi dalam menjajaki arah koalisi.

Seperti diketahui Pilkada Bulukumba mulai hangat diperbincangkan pasca pelaksanaan Pileg 2019. Setidaknya hingga saat ini ada hampir 30 figur nama yang beredar di masyarakat bakal maju sebagai bupati dan wakil bupati.

Advertisement

Para figur tersebut datang dari latar belakang yang berbeda beda. Teka-teki dan rasa penasaran publik pun terus menanti siapa figur yang berhasil mandapatkan tiket maju bertarung. Begitupun, yang dinanti nanti adalah koalisi partai serta siapa dengan figur siapa yang bakal berpaket.

Informasi yang dihimpun RADAR SELATAN, ada dua paket pasangan hampir pasti berpasangan pada Pilkada mendatang yakni H. Askar HL dengan Andi Makmur serta Tomy Satria Yulianto yang paling berpotensi menggandeng figur dari keluarga Sorajae yakni Andi Mattampawali alias Andi Ungko serta Andi Soraya.

Arah pasangan juga diprediksi akan terjadi antara Tomy Satria Yulianto dengan Andi Makkasau. Dua figur ini bahkan diisukan mendapat dukungan dari Bupati Bulukumba AM. Sukri Sappewali bahkan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Ditambah lagi munculnya kata “Kacamatayyamo” yang mempertegas Tomy dan Andi Makkasau bakal berpasangan dengan melihat kedua figur ini menggunakan kacamata.

Untuk H. Askar sendiri, arah paket bersama Andi Makmur dikuatkan dengan dimunculkannya tagline baru yakni Andalanta Makmurkan Bulukumba. Spekulasi dan analisa pun bermunculkan jika kemunculan tagline Andalanta Memakmurkan Bulukumba adalah isyarat akan paketnya H Askar bersama Kepala BPN Bulukumba itu.

H. Askar enggan berkomentar banyak saay diminta tanggapan atas arah paket dirinya bersama Andi Makmur.

“Bismillah Andalanta Memakmurkan Bulukumba, yah silahkan masyarakat menilai sendiri,” jawabnya.

Sedangkan TSY sendiri, potensi berpaket dengan keluarga Sorajae juga sangat berhembus diberbagai diskusi. Ada dua nama yang digadang-gadang berpaket dengan TSY yakni Andi Mattampawali dan Andi Soraya. Hubungan TSY sendiri dengan Sorajae tak bisa dinapikkan kedekatan emosionalnya, lantaran TSY saat ini menjabat wakil bupati dari Andi Sukri A Sappewali.

“Sekarang masih tahap penjajakan adinda, semua peluang dan potensi masih terbuka. Kalau ada yang memprediksi, itu tidak salah dan hak teman-teman membuat simulasi,” kata Tomy, beberapa waktu lalu.

Sedangkan data yang dihimpun RADAR SELATAN, dari hasil survei Media Reserch Indonesia (MRI), yang telah melakukan survei pada Agustus 2019 lalu, dengan melibatkan 440 responden yang tersebar di sepuluh kecamatan di Bulukumba.

Melakukan survei simulasi empat paket, dari simulasi itu pasangan H. Askar – Andi Makmur mendapatkan dukungan 20,9 persen dan pasangan TSY – Andi Mattampawali 22,3 persen.

“Itu simulasi kedua, dimana empat pasangan yakni, juga ada Arum Spink – Andi Muttamar 14,3 persen dan Hamzah Pangki – Andi Bau Amal 8,4 persen,” jelas Direktur MRI Akmal Arsyad belum lama ini.

Dalam simulasi pertama, pasangan H. Askar – Andi Muttamar lebih unggul yakni 22, 7 persen dari simulasi paket TSY – Andi Makkasau yakni 18,6 persen, lalu Arum Spink – Andi Bau Amal 16,6 persen, sedangkan Hamzah Pangki – JMS 6,4 persen.

Simulasi ketiga pasangan H. Askar – JMS unggul dari yang lainnya dimana pasangan ini mendapatkan dukungan 21,4 persen lalu TSY – AHP 19,3 persen, Arum Spink – M. Yusuf 13,4 persen dan Andi Bau Amal – Andi Ungko 9,3 persen.

“Lalu disimulasi ke empat atau terakhir, pasangan TSY – Andi ungko unggul 21,8 dari paket H. Askar – Andi Makmur yakni 21,1 persen, sedangkan Arum Spink paket AHP 16,4 persen dan Andi Bau Amal – JMS 7,7 persen. Tapi perlu diketehui survei simulasi dilakukan pada Agustus lalu, saat belum banyak figur menyatakan sikap,” paparnya. (faj/has)