Beranda Politik Andi Mariattang: Pastikan Partisipasi Pemilih Warga Binaan

Andi Mariattang: Pastikan Partisipasi Pemilih Warga Binaan

Kamis, 21 Februari 2019, 9:40 WITA

Kunjungi Lapas Kelas 2A Bulukumba

RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA– Pemilu 17 April 2019 mendatang semakin dekat. Perhelatan demokrasi tersebut diharapkan berlangsung aman dengan kualitas yang maksimal. Salah satunya adalah meningkatnya partisipasi pemilih dari pemilu-pemilu sebelumnya.
Andi Mariattang dari Komisi II DPR RI yang membidangi masalah kepemiluan hendak memastikan hal tersebut. Rabu, 20 Februari 2019 Andi Mariattang berkunjung ke Lapas Kelas 2A Bulukumba.

Dalam kunjungannya, ia diterima Kepala Lapas Syarifuddin N. Syarifuddin menjelaskan, jumlah pemilih sampai kemarin, sebanyak 333 orang. Dari jumlah tersebut, menurut Kalapas tidak semua masuk dalam DPT.
“Dari 333 warga binaan wajib pilih, hanya 200-an yang masuk DPT,” ungkapnya didampingi Wakil Kepala Lapas M. Darwis dan Parni selaku staf.
“Penyebabnya karena banyak warga binaan di Lapas Bulukumba ini merupakan pindahan dari daerah lain, misalnya Palopo,” katanya memberikan alasan.

Advertisement

Menanggapi hal tersebut, Andi Mariattang berharap masalah tersebut segera teratasi. “Jangan sampai hak pilih warga binaan terabaikan, kita berharap partisipasi pemilih terus didorong untuk pemilu yang lebih berkualitas, tak terkecuali yang ada di Lapas,” ujar Mariattang.
Hingga saat ini pihak Lapas masih menunggu konfirmasi dari KPU bagaimana koordinasinya dengan warga binaan yang masih belum punya KTP elektronik, khususnya warga binaan pindahan dari daerah lain.

“Kami sudah pertemuan koordinasi dengan KPU soal masalah ini. Kita yakin sebagian besar mereka memiliki KK di rumahnya, namun mungkin tidak ada yang mengurusnya,” kata Kalapas. (rls/has)