APDESI Apresiasi Kerjasama BPK

Sementara itu, Sekretaris Umum Asosisi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bulukumba, Arsul Sani menjelaskan, pihaknya mengapresiasi kerjasama yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bulukumba dan BPK.

“Apdesi sangat mengapresiasi kerjasama Pemkab Bulukumba dan BPK, ini sangat baik, supaya ada lembaga kontrol untuk teman-teman kepala desa. Sehingga apabila ada kemungkinan untuk berdampak hukum maka terlebih dulu ada saringan diauditor sebelum pemeriksaan,” tuturnya.

Selama ini kata Arsul, pengawasan oleh BPK telah dilakukan hanya saja pengawasannya belum secara langsung. Dengan adanya kerjasama antara Pemkab Bulukumba dan BPK maka pemeriksaan akan dilakukan secara langsung di lapangan.

“Sebenarnya selama ini tetap kita diperiksa oleh BPK, cuma ini dilakukan secara langsung ke desa. Kerjasama ini bagus, sehingga kehatia-hatian dalam mengelolaan keuangan desa itu bisa dilaksanakan oleh pemerintah desa,” jelasnya.

Apdesi mengimbau agar pemerintah desa mematuhi regulasi yang ada, mengacu pada Kemendagri, Kemendes dan aturan lainnya sehingga semua administrasi di desa bisa dijalankan dengan baik. (*)