Bau Amal Dapat Teguran KASN

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengeluarkan surat rekomendasi atas pelanggaran netralitas ASN yang dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Bulukumba, Andi Bau Amal. Hasil rekomendasi merupakan tindak lanjut dari laporan Bawaslu Bulukumba.
Hasil pemeriksaan KASN, Andi Bau Amal yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati pada sejumlah partai politik telah dibuktikan dengan dokumentasi dan pemberitaan media serta pengakuan yang bersangkutan dan saksi-saksi. Tindakan tersebut melanggar kode etik dan disiplin ASN sesuai PP nomor 42 tahun 2004 dan melanggar ketentuan pasal 3 angka 4, 6, dan 7 pada PP nomor 53 tahun 2010. Bersangkutan berpotensi dijatuhi sanksi hukuman disiplin sedang.
Bupati Bulukumba AM. Sukri Sappewali enggan berkomentar banyak terkait surat yang dikeluarkan pada 8 April lalu. Namun dia mengakui, pihaknya sedang mempelajari isi rekomendasi untuk ditindaklanjuti.
“Pelanggaran dengan rekomendasi sedang harus ditindak lanjuti,” katanya.
Sementara itu, Andi Bau Amal menjelaskan, pihaknya sedang mengkaji aturan-aturan yang berkaitan terkait rujukan pengenaan sanksi. Selanjutnya akan ditindaklanjuti untuk pemberian sanksi sedang, dan apapun hasilnya, diakui akan diterimanya.
“Kita orang patuh dan taat terhadap hasil keputusan,” kata ASN yang akan pensiun pada Desember mendatang. (*)
REPORTER: ANJAR SUMYANA MASIGA
EDITOR: HASWANDI ASHARI