Bertambah Empat Positif Covid-19

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Kasus Positif Corona Virus Disease 19 (Covid-19) terus bertambah. Data terakhir, ada empat pasien positif covid-19. Empat pasien itu dua asal Kabupaten Bulukumba dan dua asal Kabupaten Sinjai.

Berdasarkan informasi yang dihimpun RADAR SELATAN, di Kabupaten Bulukumba dua tambahan kasus tersebut antara lain 011 yang merupakan perempuan berusia 16 tahun yang bertempat tinggal di Tanete, Kecamatan Bulukumpa, sedangkan 012 merupakan laki-laki berusia 24 tahun bertempat tinggal di Bintarore, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba.

Dikabarkan, pasien 011 ini diketahui pernah melakukan perjalanan di daerah yang terpapar Covid-19 yakni di Kota Makassar.

“Iye kak, orang Tanete memang. Katanya dia pernah ke Makassar sebelumnya,” kata salah seorang warga di Tanete yang tidak mau disebutkan identitasnya.

Sedangkan pasien 012 ini diduga transmisi lokal, karena sebelumnya pasien diketahui tidak pernah keluar daerah.

Sementara itu, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bulukumba, belum bisa memberikan keterangan saat dikonfirmasi.

“Maaf,” balasan Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bulukumba, HM Daud Kahal, saat dikonfirmasi via WhatsApp.

“Saya belum dapat info resmi dari Dinkes (Dinas Kesehatan),” lanjutnya kemudian.

Terpisah, Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Sinjai untuk Penanganan Covid-19 dr. Andi Suryanto Asapa mengatakan, dua kasus baru positif Covid-19 di Butta Panrita Kitta.

Dari angka tersebut membuat total kasus positif Covid-19 di Sinjai mencapai 23 orang. 9 Diantaranya sembuh. Sementara yang menjalani perawatan di Makassar sebanyak 14 orang.

dr. Dedet sapaan Andi Suryanto Asapa mengemukakan, dua penambahan kasus ini merupakan kontak serumah dari pasien berinisial A (13) asal Manipi, Kecamatan Sinjai Barat.

“Dari hasil pemeriksaan swab dua pasien berinisial N (42) dan H (1) dinyatakan positif Covid-19. Keduanya telah dibawa ke Makassar,” ungkapanya saat ditemui di Media Center Gugus Tugas Covid-19.

Dengan adanya penambahan kasus, tentu kata dr. Dedet akan menjadi tugas berat ke depannya. Sebab, ini sudah menjadi kontak transmisi lokal.

Oleh karena itu, dia berharap kesadaran masyarakat untuk tetap mengikuti anjuran pemerintah dan menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, berdasarkan data statistik Covid-19, jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 389. Dari jumlah itu, 322 sementara proses pemantauan dan 67 orang Selesai Pemantauan. Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 233, 32 proses pemantauan dan 201 selesai pemantauan. Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 22 orang, 21 telah dipulangkan. (ewa-mul)