Besok, JHI Bulukumba Tiba di Sudiang

Laporan: Muhammad Yusuf Shandy

MAKKAH, RADAR SELATAN — Jemaah Haji Indonesia (JHI) asal Kabupaten Bulukumba yang tergabung dalam kloter 6 UPG Makassar dijadwalkan tiba di Makassar, Kamis, 22 Agustus 2019 pagi.

Demikian diungkapkan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) H. Ali Yafid beberapa waktu lalu usai mendampingi Ketua Sektor Dua Makkah H. Kaswad Sartono memantau penimbangan koper bawaan JHI asal Bulukumba, di Hotel 203 Syisyah, Makkah.

“JHI kloter 6 UPG dijadwalkan take off dari Jeddah menuju Makassar pukul 13.20 waktu Saudi. Penerbangan dari Jeddah menuju Makassar memakan waktu sekitar sembilan atau sepuluh jam,” ucapnya.
Lebih jauh ia menjelaskan bahwa jemaah akan tiba di Bandara Internasional Makassar pada Kamis 22 Agustus pagi.

“Pagi kita diterima di Asrama Haji Sudiang. Sekitar jam 10 Kamis pagi, rombongan jemaah haji bertolak menuju Bulukumba dengan menggunakan bis,” bebernya.
Terkait dengan kepulangan tersebut, TPIHI dan petugas haji lainnya meminta kepada setiap jemaah agar menjaga kesehatan masing-masing, fisik dan psikis, mengingat panjangnya rute perjalanan.
Selain itu, para jemaah juga diminta menaati peraturan penerbangan internasional, terutama yang terkait jumlah barang, jangan sampai melebihi kuota atau jumlah yang telah ditentukan oleh pihak Garuda Indonesia dan Saudi Airlines.

Untuk diketahui, setiap jemaah hanya diberikan izin membawa barang maksimal 39 kg, 32 kg pada koper besar, dan 7 kg pada tas jinjing. Bagi jamaah yang barangnya melebihi jumlah yang ditentukan, ia dapat memanfaatkan jasa pengeriminan barang ke tanah air. (ria/has)