Beranda Hot News BPJS KESEHATAN BANTAENG MUDAHKAN LAYANAN BAGI PESERTA DAN FASKES DI TENGAH COVID-19

BPJS KESEHATAN BANTAENG MUDAHKAN LAYANAN BAGI PESERTA DAN FASKES DI TENGAH COVID-19

Senin, 18 Mei 2020, 12:00 WITA

Bantaeng, Jamkesnews – Terus bertambahnya pasien penderita Covid-19 juga membuat pemerintah di beberapa daerah memperpanjang masa kesiapsiagaan tanggap darurat, termasuk mengimbau masyarakat untuk tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah dan menghindari keramaian atau kerumunan masyarakat dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal tersebut membuat BPJS Kesehatan juga turut melakukan penyesuaian pelayanan. Hanya peserta yang memiliki kebutuhan kategori mendesak yang menjadi prioritas dilayani di kantor cabang atau kantor kabupaten/kota, sedangkan untuk segmen lain seperti Pekerja Penerima Upah (PPU) dan peserta Bukan Pekerja Penerima Upah (PBPU) alias peserta mandiri bisa tetap mendapatkan pelayanan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500400 dan aplikasi Mobile JKN pada smartphone. Sedangkan untuk pelayanan administrasi pengajuan klaim dari fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tetap dilayani dengan mengedepankan profesionalitas kerja dan tetap menerapkan prinsip kehati-hatian serta menjaga jarak. Profesionalitas kerja dan pelayanan prima itulah yang dirasakan oleh Rizmawati Ade Putri (25) yang berprofesi sebagai petugas administrasi klaim Puskesmas Lasepang.

Advertisement

Sebagai petugas administrasi ia berkewajiban untuk menyerahkan berkas klaim beserta kelengkapan administrasinya ke Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Bantaeng. “Saya sempat khawatir akan sulit menemui petugas BPJS Kesehatan di kantor, karena biasanya saya baru bisa menyerahkan berkas klaim ini sore hari karena kalau pagi hari kami harus memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terlebih dahulu di Puskemas Lasepang,” ujar Rizmawati. Ia juga mengatakan untuk mempermudah urusannya, ia melakukan koordinasi dengan petugas BPJS Kesehatan sebelum datang ke kantor. Ternyata meskipun pandemi, kata Rizmawati, petugas BPJS Kesehatan tetap bekerja profesional.
“Sebelum datang ke sini saya cukup menyampaikan rencana jam kedatangan via grup Whatsapp, jadi sama-sama saling memudahkan. Tidak perlu bertatap muka lama-lama sehingga efisien waktu dan meminimalisir risiko penularan Covid-19,” terang Rizmawati.

Ditemui secara terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Bantaeng Fadillah, menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan selalu berusaha untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada seluruh peserta termasuk pelayanan kepada mitra BPJS Kesehatan fasilitas kesehatan terkait administrasi pengajuan klaim “Mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung, sebisa mungkin kita meningkatkan koordinasi melalui media sosial yang kami bentuk di grup Whatssapp maupun Telegram. Kalaupun harus bertatap muka kita tetap menjalankan protokol-protokol tatap muka yang berlaku selama wabah ini,” katanya. (adv)