Cegah Golput, KPU Sasar Siswa

by
Anggota PPK Kindang berfoto bersama siswa SMKN 2 Bulukumba usai sosialisasi Pemilu 2019, kemarin.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus berupaya meningkatkan kesadaran pemilu bagi pemilih. Melalui Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) Kindang, penyelenggara pemilu melakukan sosilisasi di SMKN 2 Bulukumba, Kelurahan Borongrappoa, Kecamatan, Kindang.

Anggota PPK Kindang, Ilham Ilo mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada 17 April 2019 mendatang. Sosialisasi di sekolah dipilih mengigat jumlah pemilih pemula kali ini cukup besar, mencapai 7.000 lebih.

“Kemarin kita di SMKN 2 Borongrappoa Kindang. Insyaallah kegiatan seperti ini akan kita lakukan di SMA sederajat, karena memang pada Pemilu nanti sudah banyak siswa yang kelas tiga masuk dalam pemilih pemula,”katanya. Rabu 16 Januari 2019.
Sebagai penyelenggara pemilu, lanjut Ilham, sosialisasi sangat penting untuk memberikan pamahaman seputar pemilihan umum. Termasuk pentingnya menggunakan hak pilih sebagai masyarakat yang dijamin dalam konstitusi.
Dalam sosilisasi tersebut, kata dia, siswa diberikan penjelasan terkait jumlah surat suara dan teknis sederhana pelaksanaan pemungutan suara.

“Termasuk kita berikan simulasi. Kita juga jelaskan kalau model atau miniatur sederhana dari pemilu itu telah diterapkan dilingkungan sekolah, seperti pemilihan ketua kelas, kelompok belajar, atau pemilihan ketua Osis,” papar Ilham.

Sosialisasi tersebut, sambung Ilham, diharapkan para siwa menjadi perpanjangan KPU untuk menyosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih tangan di lingkungan keluarga.
“Termasuk kampanye menolak money politic,” tutupnya. (faj/man)

Loading...