Curi Burung dan Kucing untuk Beli Rokok

by
BARANG BUKTI. Keenam pelaku bersama barang bukti saat diamankan di Polsek Sompa Opu pekan lalu.

GOWA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — DL, warga Pallantikang Kabupaten Gowa bersama kelima rekannya nekat mencuri sejumlah burung dan kucing untuk membeli rokok dan bermain game.

DL bersama rekannya AL, FL, FS, SI, dan AL melakukan pencurian di rumah korban Dg. Ngintang pada Kamis, 14 Maret 2019 sekira pukul 02.00 WITA di Kampung Sero, Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Gowa.

DL yang ketahuan mencuri hampir diamuk oleh warga, beruntung Polsek Somba Opu berhasil mengamankan pelaku bersama sejumlah barang bukti.
“Pas mau saya ambil itu burung terbangi pak dan punyanya bangun. Saya mencuri burung serta kucing untuk beli rokok dan bermain game di warnet,” kata DL dihadapan polisi.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Somba Opu, Iptu P Malelak saat dikonfirmasi, Minggu, 17 Maret 2019 terkait kasus pencurian ini membenarkan bahwa DL bersama rekannya dan barang bukti sudah diamankan di Polsek Somba Opu.

“Iya keenam pelaku sudah kita amankan bersama barang bukti. Satu lagi rekan pelaku masih menjadi DPO,” katanya.
Ia menjelaskan bahwa berdasarkan pengakuan DL, pelaku melakukan pencurian dengan cara memanjat pagar korban. Kemudian mengambil burung dan kucing yang menjadi targetnya.

“DL bersama rekannya ini memang tercatat sebagai spesialis pencuri hewan seperti burung dan kucing di 14 lokasi yang berbeda. Mereka kerap beraksi di wilayah Gowa dan Kota Makassar,” jelasnya.

Adapun barang bukti yang diamakan oleh Polsek Somba Opu, yakni 3 ekor burung Nuri, 2 ekor burung merpati balap, 1 ekor burung kenari, 3 ekor kucing jenis persia dan anggora. Serta 4 unit handphone.

“Pelaku menjual kucing ini seharga Rp 500.000. Keuntungan itu pelaku gunakan untuk membeli rokok dan bermain game,” kata Iptu P Malelak.
Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, para pelaku akan dikenakan pasal 363 ayat 1 ke 3, 4 KUHP ancaman 7 tahun penjara atau pasal 480 KUHP ancaman hukuman 4 tahun penjara. (hen/has)

Loading...