Beranda Bantaeng Dandim Bantaeng Maknai Idul Adha Mempererat Tali Persaudaraan

Dandim Bantaeng Maknai Idul Adha Mempererat Tali Persaudaraan

Sabtu, 1 Agustus 2020, 9:14 WITA
Jemaah salat iduladha di Masjid Agung Syeh Abdul Gani.

BANTAENG, RADAR SELATAN — Dandim 1410 Bantaeng, Lerkol CZI Tambohule Wulaa memaknai perayaan Idul Adha 1441 Hijriah sebagai ajang mempererat tali persaudaraan antar sesama.

Terlebih di masa pandemi covid-19 ini, seluruh elemen masyarakat, termasuk Bantaeng harus saling bahu membahu memperkuat jalinan untuk melawan wabah virus corona.

Dia menyebut, perekonomian masyarakat sempat terseok-seok beberapa waktu lalu saat dilakukan pembatasan aktivitas.

Sehingga dengan momentum perayaan kurban ini, berbagi adalah sebuah kenikmatan.

“Menjadi momentum dalam berbagi kepada saudara-saudara kita yang mengalami kesusahan ekonomi, semoga dengan Idul Adha ini mereka juga bisa merasakan nikmatnya makan daging,” kata Tambohule Wulaa kepada Radar Selatan, Jumat, 31 Juli 2020.

Selain itu, pria berdarah Kendari Sulawesi Tenggara ini memaknai Idul Adha erat kaitannya dengan mengasihi. Termasuk bagi diri sendiri. Menurut dia, jika ditautkan dengan kondisi pandemi saat ini, maka bentuk mengasihi diri yakni dengan menerapkan pola hidup bersih.

“Mengingatkan kita bahwa pentingnya kebersihan, mungkin sebelumnya kita kurang mementingkan kebersihan, akan tetapi dengan adanya pandemi kita semua sadar pentingnya kebersihan. Tentunya hal ini seperti yang diajarkan agama islam,” jelas dia.

Bagi dia, esensi idul adha dan ibadah kurban bukan soal meriah atau tidaknya, melainkan sebagai bentuk melatih kesabaran dan cinta kasih sebagaiamana kisah nabi Ibrahim dan anaknya nabi Ismail.

Jika dikaitkan dengan kondisi pandemi covid-19, maka sebaiknya ketakwaan semakin ditingkatkan dan selalu berpikir positif.

“Momen idul adha ini, melatih kesabaran kita, utamanya dalam mengahadapi Covid. Saya pikir kita tidak usahlah membuat dan menyebarkan berita hoaks (apalagi tentang covid). Caranya sabar yah dengan patuh dan taat terhadap anjuran dan protokol covod yang telah dikeluarkan oleh pemerintah,” jelas dia.

Berita Foto