Dari Kota ke Desa, Warga Bulukumba Ramai-ramai Galang Bantuan Untuk Korban Tsunami Palu

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID – Aksi kemanusian dengan penggalangan dana ramai-ramai dilakukan sejumlah elemen masyarakat di Bulukumba, untuk membantu korban bencana Palu dan Donggala.

Tidak hanya di kota Bulukumba penggalangan dana ramai-ramai dilakukan masyarakat yang ada di desa-desa di wilayah Bulukumba.

Pantuan RADAR SELATAN, sehari pasca gempa dan tsunami melanda Palu dan sekitarnya, penggalangan dana terus dilakukan banyak elemen hingga hari keenam. Tidak hanya penggalangan dana dilakukan di kota namun gerakan kemanusiaan juga ramai-ramai dilakukan warga yang berada di pelosok atau desa-desa. Mulai dari anak sekolah, kemunitas seni, mahasiswa dan instansi pemerintahan dan swasta melakukan penggalangan bantuan.

Seperti di Desa Bonto Lohe, Kecamatan Rilau Ale, salah satunya, aksi penggalangan dana dilakukan warga setempat, Adalah Lili Hartono, yang menjadikan rumahnya sebagai posko pengumpulan bantuan untuk Korban bencana Palu.

“Alhamdulilah animo masyarakat di Bonto Lohe luar biasa. Masyarakat ramai-ramai menyalurkan bantuan mulai dari pakaian dan sembako. Ini menjadi bukti kalau kita semua masih peduli dengan sesama, kita harus bisa merasakan apa yang di rasakan saudara kita disana,”ujar Lili Hartono yang juga mantan Ketua HMI Bulukumba ini.

Hal serupa juga dilakukan, H Patudangi Azis, legislator DPRD Bulukumba fraksi Gerindra ini memilih menyalurkan bantuan sejumlah uang tunai sebesar Rp 6 juta dan pakaian layak pakai ke Kantor PMI Bulukumba.

“Semoga bantuan ini bisa sedikit memikul beban saudara kita yang terkena bencana disana. Mari kita doakan agar mereka diberikan kesabaran dan ketabahan,”ujar politisi yang juga Ketua KSP Eka Dwi Kurnia ini.

Begitu juga dengan komunitas musik The Keys Bulukumba, yang hingga saat ini masih terus melakukan penggalangan dana dan bantuan lainnya, yang unik dari mereka karena penggalangan bantuan yang dipusatkan di persimpangan Teko, para anggota Komunitas The Keys ini melakukan dengan cara bernyanyi dan sesekali bergoyang guna menarik simpati pengendara yang melintas. (faj).