Demonstran Tuntut Pilkades Ulang di Caramming

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Sejumlah warga yang menamakan diri Forum Masyarakat Desa Caramming, Kecamatan Bontotiro, berunjuk rasa di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bulukumba, Selasa, 10 Maret 2020. Aksi tersebut sebagai bentuk protes dan penolakan atas hasil Pemilhan Kepala Desa (Pilkades) yang berlangsung, 5 Maret lalu.

Salah satu peserta aksi, Wawan saat berorasi mengatakan, Forum Masyarakat Desa Caramming mengindikasikan adanya kecurangan yang dilakukan oleh Panitia Pemilhan Kepala Desa (PPKD). Menurutnya, hasil perolehan suara seri di Desa Caramming bukanlah hasil yang murni, melainkan terindikasi adanya kesalahan saat perhitungan suara.

Dijelaskannya, dugaan kecurangan berdasarkan jumlah kertas suara yang terpakai kelebihan tiga lembar surat suara dibandingkan jumlah suara sah dan tidak sah. Selain itu panitia tidak melibatkan saksi calon saat perhitungan surat suara.

Wawan menegaskan, gerakan yang dilakukan tidak ada kaitannya dengan calon kepala desa. Tapi murni sebagai bentuk protes warga Desa Caramming terhadap Pilkades yang tidak transparan dan terindikasi adanya kecurangan.
Kepala DPMD Kabupaten Bulukumba, Andi Kurniady yang menemui langsung warga berjanji akan mengawal aspirasi warga sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

“Aspirasi bapak dan ibu sekalian kami sudah terima. Percayakan ini kepada kami. Kami berjanji akan bekerja secara profesional sesuai dengan ketentuan tanpa adanya keberpihakan,” janjinya.
“Bagaimanapun hukum harus ditegakkan,” tegasnya.

Kurniady menjelaskan, sengketa Pilkades berdasarkan aturan harus selesai paling lambat 30 hari terhitung sejak hari perhitungan suara.
“Dalam waktu 30 hari terhitung sejak pemilihan, sengketa Pilkades khususnya di Desa Caramming akan disidangkan,” terangnya
Mantan Sekretaris DPRD Bulukumba ini pun meminta warga tetap menjaga kondusifitas kamtibmas sembari mengumpulkan bukti pendukung. Mendengar penjelasan tersebut, warga akhirnya membubarkan diri dan melanjutkan aksi di Gedung DPRD Bulukumba. (*)

 

REPORTER: BASO MAREWA
EDITOR: SUPARMAN