Beranda Sinjai Dua Tuna Netra Ikut Lomba MTQ

Dua Tuna Netra Ikut Lomba MTQ

Minggu, 8 Maret 2020, 18:02 WITA
CACAT NETRA. Dua pria Haidir dan Rustan tampil pada ajang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 tingkat Kabupaten Sinjai Golongan Cacat Netra di Lapangan Padaelo, Kelurahan Tassililu, Kecamatan Sinjai Barat, Minggu, 8 Maret 2020.

SINJAI, RADAR SELATAN — Di balik kekurangan, pasti ada kelebihan. Begitulah ungkapan dalam mensyukuri apa yang telah diberikan Allah SWT terhadap apa yang diciptakan-Nya.

Tuhan memang maha adil. Kalau mereka tidak bisa melihat lewat mata, Allah memberikan kelebihan kepada mereka.

Advertisement

Seperti yang terjadi pada dua pria bernama Haidir dan Rustan. Keduanya tampil pada ajang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 tingkat Kabupaten Sinjai Golongan Cacat Netra di Lapangan Padaelo, Kelurahan Tassililu, Kecamatan Sinjai Barat, Minggu, 8 Maret 2020.

Meski tuna netra, keduanya memiliki kelebihan mampu melantunkan bacaan ayat suci Alquran dengan baik dan fasih.

Haidir yang merupakan utusan Kafilah Kecamatan Sinjai Barat saat ditemui mengatakan bahwa dirinya dirinya belajar Alquran bersama sang nenek saat diusia 7 tahun. Keterbatasan yang dimiliki Haidir tak menyurutkan semangatnya untuk tetap mengasah kemampuan dalam hal mempelajari Alquran.

Pasangan dari Abdullah dan Hadijah (almarhum), mengaku lomba MTQ tingkat Kabupaten pada tahun ini merupakan event yang ketiga kalinya dia ikuti.

“Pertama juara III di Kecamatan Sinjai Tengah, kemudian juara II di Sinjai Timur,” kata siswa kelas 6 SLBA Yapti Makassar ini.

Sementara itu, Rustan utusan kafilah Kecamatan Sinjai Selatan mengatakan, pada lomba MTQ, ia pernah menorehkan prestasi di tingkat Kecamatan Sinjai Selatan baru-baru ini.

Selain itu, dia juga pernah meraih juara I lomba MTQ tingkat provinsi pada tahun 2010 lalu.

“Dulu belajar Alquran dengan mendengarkan kaset melalui radio, menggunakan hafalan. Kemudian saya sekolah di Makassar dan Alhamdulillah bisa juga menggunakan Al-Quran Braille,” ucapnya. (mul/has/