Beranda Ragam DUAKALI UBAH JENIS KEPESERTAAN;TAK PERNAH KECEWA DENGAN PELAYANAN JKN-KIS

DUAKALI UBAH JENIS KEPESERTAAN;TAK PERNAH KECEWA DENGAN PELAYANAN JKN-KIS

Jumat, 13 September 2019, 18:12 WITA

Astriana (29) sudah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS sejak kecil karena ia merupakan anak dari pasangan aparatur sipil negara. Namun setelah genap berusia 25 tahun dan selesai menjalani pendidikan hingga strata 1, ia pun harus beralih jenis kepesertaan menjadi peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau masyarakat kebih mengenalnya dengan segmen mandiri hingga ia akhirnya menikah dan menjadi ibu rumah tangga.

Saat itu ia merasakan betul pelayanan yang ia dapatkan sangat baik ketika harus melahirkan anak pertama dengan jalan operasi caesar. Pelayanan yang ia dapatkan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama hingga di Rumah Sakit Umum Bantaeng selalu berhasil memuaskannya, “tidak ada yang sulit dalam mengakses layanan, selama kita mengikuti prosedurnya”, ujar Astri.

Advertisement

Kini di kehamilannya yang kedua, ia baru saja diterima menjadi CPNS Kabupaten Bantaeng.
Status kepesertaannya pun kembali beralih dari segmen pekerja mandiri menjadi Pekerja Penerima Upah (PPU), ia pun semakin mantap dan semakin percaya menjadikan JKN-KIS sebagai asuransi kesehatannya untuk menghadapi persalinan keduanya yang diprediksi tidak lama lagi.
Ditemui tim Jamkesnews, ia pun menceritakan kesan dan pesannya, “pelayanan yang saya terima sangat bagus, tidak ada perbedaan pelayanan, dan sangat membantu keluarga saya dari segi perekonomian, karena untuk operasi caesar bagi keluarga kami tidak murah”.

Ditanya pendapatnya tentang isu penyesuaian iuran yang akhir-akhir ini banyak beredar di berita maupun media sosial, ia pun telah mengetahui hal tersebut dari surat kabar dan berpendapat, “saya rasa penyesuaian iuran sah-sah saja untuk meningkatkan pelayanan yang lebih optimal, kalaupun terlalu berat; masih ada pilihan untuk pindah kelas 3 yang jauh lebih ringan”.

“Saya menyarankan kepada masyarakat yang belum terdaftar menjadi peserta JKN-KIS agar segera mendafatrkan diri dan keluarganya menjadi peserta JKN-KIS, karena akan banyak sekali manfaat yang akan diperoleh juga jangan hanya ketika mau berobat baru mengurus JKN-KIS, segeralah mendaftar dan bayar iuran tepat waktu”. tutupnya.

Narasumber : Astriana

Usia : 29 Tahun Nomor kartu : 0001850469041