Fix, Pilkada Digelar 9 Desember

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Pemerintah, DPR dan penyelenggara sepakat Pilkada serentak 2020 digelar pada 9 Desember 2020. Keputusan itu sekaligus menjadi kesimpulan rapat kerja Komisi II dengan Mendagri, KPU RI, Bawaslu RI, dan DKPP RI.

Penyelenggaraan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 telah dituangkan dalam Perppu No 2 Tahun 2020 sebagai penundaan Pilkada akibat Covid-19. Rapat tersebut menegaskan keputusan yang sudah diambil oleh pemerintah dan DPR sebelumnya.

Isyaratkan akan dimulainya Pilkada serentak itu dikuatkan dengan beredarnya risalah hasil rapat bersama yang menyetujui opsi tahapan Pilkada yang sempat ditunda dimulai kembali pada 15 Juni 2020. Dalam uji publik PKPU, KPU memberikan opsi dimulai pada 6 Juni atau 15 Juni.

Selain itu dalam tahapan Pilkada dapat digelar kembali dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Sebab, tahapan itu dimulai kembali di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu, penyelenggara Pemilu harus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan pemerintah dalam tiap tahapan Pilkada.

Ketua KPU Bulukumba, Kaharuddin yang dikonfimasi membenarkan hal itu, olehnya saat ini pihaknya segera melakukan sejumlah persiapan untuk melanjutkan tahapan yang tertunda.

“Kita pada posisi menunggu PKPU, sepertinya itu sudah final,” jelasnya, Kamis, 28 Mei 2020. (*)