Gakumdu Bidik Kecurangan Pilkada

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Tahapan Pilkada 2020 dilanjutkan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba gelar rapat koordinasi bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) di Kantor Bawaslu Bulukumba, akhir pekan kemarin.

Rapat yang dipimpin Bakri Abubakar sebagai koordinator Sentra Gakkumdu Bulukumba, juga diikuti perwakilan tiga lembaga yang tergabung dalam sentra Gakkumdu, masing-masing Bawaslu Bulukumba, Polres Bulukumba serta Kejari Bulukumba.

“Rapat koordinasi ini kami lakukan sebagai tindak lanjut atas surat ketua Bawaslu RI Nomor 0366/K,BAWASLU.PM.06.00/VI/2020 tertanggal 25 Juni 2020 tentang pengaktifan Sentra Gakkumdu Kabupaten/Kota, sehingga kami berharap melalui Rakor ini dapat terbangun persepsi yang sama dalam penanganan tindak pidana pemilihan,” ujar Ambo Radde.

Pihaknya berharap selama tahapan pemilihan tahun 2020 ini berlangsung, tim Sentra Gakkumdu semakin solid. Bawaslu Bulukumba akan senantiasa mengedepankan prinsip pencegahan, sebelum melakukan penindakan.

Ambo Radde menambahkan, terkait adanya dugaan Pelanggaran Tindak Pidana Pemilihan yang terjadi pada Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Bulukumba Tahun 2020, tentu akan dibahas bersama di Sentra Gakkumdu.

Sementara Kasipidum I Made Pasek Budiawan yang juga sebagai Pembina Sentra Gakkumdu Bulukumba menyampaikan kesiapan Kejaksaan Negeri Bulukumba untuk mengawal proses demokrasi pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba Tahun 2020.

“Pada pemilihan ini kita kedepankan kerja tulus tentunya sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kami berharap, semoga ke depannya kita tingkatkan kerja-kerja kita di Sentra Gakkumdu dengan membangun koordinasi yang semakin solid,” jelas I Made.

Sementara itu dari pihak kepolisian, Penyidik Polres Bulukumba Andi Hamka menyampaikan kepada tim yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu untuk terus menjaga solidaritas, semoga ke depannya semakin baik lagi dalam menjalankan amanah pada Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Bulukumba tahun 2020.

Bakri Abubakar selaku Koordinator Sentra Gakkumdu Bulukumba menyimpulkan bahwa Bawaslu Bulukumba akan selalu mengedepankan prinsip pencegahan.

“Sentra Gakkumdu selalu siap melakukan penanganan terhadap dugaan pelanggaran Tindak Pidana Pemilihan serta aktif membangun koordinasi dalam proses penanganannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” tegasnya. (faj/has