Beranda Gowa Hari Anak Nasional 2020, DP3A Gowa akan Gelar Webinar Pencegahan Kekerasan dan...

Hari Anak Nasional 2020, DP3A Gowa akan Gelar Webinar Pencegahan Kekerasan dan Perkawinan Anak

Kamis, 23 Juli 2020, 16:01 WITA

GOWA, RADAR SELATAN–Hari Anak Nasional yang diperingati hari ini Kamis 23 Juli 2020 menjadi momentum bagi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Gowa untuk terus melakukan upaya pencegahan kekerasan dan perkawinan anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Gowa, Kawaidah Alham mengaku dalam waktu dekat ini akan menggelar perayaan Hari Anak tingkat Kabupaten Gowa.

Kegiatan ini akan digelar melalui Webinar karena masa pandemi Corona masih terjadi. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Dinas P3A Gowa dalam melindungi serta melakukan pencegahan kekerasan anak.

“Kami akan sosialiasikan pencegahan kekerasan terhadap anak di masa pandemi dan vidoe pencegahan perkawinan anak,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis 23 Juli 2020.

Kawaidah menerangkan sejauh ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam melakukan pencegahan kekerasan dan perkawinan anak di Gowa. Upaya itu diantaranya adalah bekerja sama dengan LBH APIK Makkasar.

“Kami sudah membuat kesepakatan dengan Pengadilan Agama terkait permohonan dispensasi nikah bagi anak di bawah umur 19 tahun. Jadi Pengadilan Agama tidak akan mengeluarkan dispensasi nikah kalau tidak melakukan konseling di DP3A, Kemudian melakukan penyuluhan ke desa tentang dampak dari kawin di usia anak,” terangnya.

Sementara itu dia menambahkan bahwa untuk data kekerasan anak di Gowa khususnya di masa pandemi Corona ini cenderung mengalami penurunan.

“Alhamdulillah laporan yang kami terima itu mengalami penurunan. Mungkin karena anak-anak merasa nyaman di rumah dan orang tua juga sudah mengetahui tentang hak-hak anak,” tambah Kawaidah Alham. (*)