Beranda Bulukumba 408 PPS di 10 Kecamatan di Bulukumba Dilantik

408 PPS di 10 Kecamatan di Bulukumba Dilantik

Senin, 15 Juni 2020, 10:39 WITA

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Tahapan Pilkada Bulukumba resmi dimulai, sebagai persiapan awal setelah tertunda, KPU Bulukumba akan melantik petugas ad hock Panitia Pemungutan Desa (PPS) disepuluh kecamatan di Bulukumba.

Komisioner KPU Bulukumba, Wawan Kurniawan, meerangkan 0ada awal dilanjutkannya tahapan Pilkada, pihaknya akan segera melantik petugas PPS sebanyak 408 orang, palantikan itu akan dilaksanakan di masing-masing kecamatan oleh komisioner KPU didampingi PPK.

“Besok kita akan lantik anggota PPS diseluruh kecamatan dengan menggunakan protokoler penanganan covid-19,”jelasnya. Minggu 14 Juni 2020.

Komisioner KPU lainnya, Samsul menjelaskan, saat ini pihaknya melakukan penelusuran terhadap Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) non aktif dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih, apakah masih layak jadi penyelenggara atau tidak.

“Kalau PPK kan tinggal kami aktifkan kembali SK nya. Cuma di masa tahapan Pilkada ini ditunda, bisa saja memungkinkan ada jajaran PPK non aktif ini yang tidak lagi bersyarat. Katakanlah mungkin pindah alamat, menjadi bagian dari bakal calon peserta pemilihan, atau sudah mengundurkan diri dan sebagainya,” katanya.

“Ini yang sementara kami tracking data datanya. Termasuk calon PPS terpilih, kami pun melakukan hal yang sama, jangan sampai sudah tidak layak lagi, tidak memenuhi syarat,” tambahnya.

Pria yang lama bergelut sebagai Jurnalis ini membeberkan, pihaknya melakukan klarifikasi terhadap salah seorang calon PPS terpilih karena kabarnya diduga sudah pindah domisili.

“Kami telah memanggil calon PPS terpilih yang diduga pindah domisili. Tetapi setelah kami melakukan klarifikasi, itu ternyata tidak. Semua dokumen kependudukannya sama saat mendaftar calon PPS,” jelasnya. (Faj).