Hipertensi dan Diabetes Dominan di Sinjai

by

RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, SINJAI — Gangguan kesehatan masih menjadi masalah tak terhindarkan yang dialami warga Kabupaten Sinjai. Dari informasi yang diperoleh, penyakit tidak menular yang paling dominan menyerang warga Sinjai selama tahun 2018.
Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa saat ditemui baru-baru ini mengatakan bahwa penyakit tidak menular paling menjangkit warga Sinjai sepanjang tahun 2018, bahkan dalam beberapa tahun terakhir.

“Berdasarkan data penyakit yang paling dominan dialami warga yakni Hipertensi dan Diabetes Melitus (DM),” katanya, Selasa, 5 Maret 2019.
Dikatakan dr. Dedeth panggilan akrab Kadis Kesehatan, munculnya penyakit tersebut disebabkan beberapa faktor mulai dari makanan serta pola hidup yang tidak sehat.

Selain itu, penyakit yang juga banyak dialami warga Sinjai adalah penyakit gangguan jiwa dan stunting (pendek dan gemuk).
Untuk penanganan, Ia pun menjamin pihaknya siap memberikan pelayanan optimal. Apalagi saat ini Sinjai sudah menerapkan program home visit dan home care.

“Dengan program ini jumlah pasien yang datang ke puskesmas semakin berkurang karena warga yang sakit akan ditangani di rumahnya,” katanya. (mul/has)

Loading...