Beranda Bulukumba Idul Adha 1441 H, Ribuan Warga Bontonyeleng Sholat Ied di Lapangan Gella...

Idul Adha 1441 H, Ribuan Warga Bontonyeleng Sholat Ied di Lapangan Gella Palaloi

Jumat, 31 Juli 2020, 6:59 WITA

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Ribuan Warga Desa Bontonyeleng, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, menggelar Salat Idul Adha 1441 Hijriah secara terbuka di Lapangan Gella Palaloi desa setempat, Jumat 31 Juli 2020.

Walaupun sebelumnya pemerintah daerah mengimbauan agar pelaksanaan Salat Idul Adha digelar secara terbatas di masjid karena pandemi Covid-19, namun berbeda dengan di Desa Bontonyeleng, ribuan warga tetap berbondong-bondong ke lapangan desa setempat untuk menggelar Salat Ied secara berjamaah.

Kepala Desa (Kades) Bontonyeleng, Andi Baso Mauragawali AS, menjelaskan pihaknya tetap menggelar Salat Idul Adha secara terbuka di lapangan namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Pemerintah tidak melarang kita menggelar salat ied di lapangan, yang jelasnya protokol pencegahan Covid-19 tetap dijalankan,” katanya yang dikonfirmasi sehari sebelum pelaksanaan Salat Ied.

Warga yang hadir atau Jamaah Idul Qurban, lanjut pria yang akrab disapa Opu tersebut, diwajibkan untuk menggunakan masker, selain itu di sekitar lapangan juga disiapkan sarana cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun, dan handsanitizer, beserta beberapa orang yang ditugaskan untuk memantau warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pelaksanaan Salat Ied tersebut, diapresiasi oleh warga setempat. Salah seorang diantaranya Irwan, ia mengaku sangat bersyukur. Menurutnya ada kerinduan yang terobati atas pelaksanaan Salat Ied Qurban 1441 H ini di lapangan.

“Kan waktu Idul Fitri kita salat di masjid, Alhamdulillah sekarang sudah bisa di lapangan,” ucapnya dengan mata berbinar penuh kebahagiaan.

Sampai berita ini dituliskan, belum ada tanggapan dari pemerintah daerah, maupun Satgas Covid-19 Kabupaten Bulukumba. (Ewa)