Radar Selatan

Bulukumba

Kades Benteng Gattareng Didemo Warga, ini Tuntutannya

DEMO KADES. Puluhan pemuda yang tergabung dalam Aliansi MasyarakAt Peduli Gattareng (AMPG) menggelar aksi di halaman Kantor Desa Bentang Gattareng, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Rabu, 20 Maret 2019.
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Puluhan pemuda yang tergabung dalam Aliansi MasyarakAt Peduli Gattareng (AMPG) menggelar aksi di halaman Kantor Desa Bentang Gattareng, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Rabu, 20 Maret 2019.

Massa menuding Kades Benteng Gattareng tidak transparan dalam mengelola Anggaran Dana Desa (ADD).

Dalam orasinya, Salahuddin yang bertindak sebagai koordinator lapangan menilai dalam kepemimpinan selama 4 tahun berjalan pihaknya menilai kepala desa telah gagal menahkodai Desa Gattareng terindikasi dari proses perencanaan yang tidak propesional dalam penentuan dan pengelolaan anggaran dana desa dimana hampir semua pelaksanaan pembangunan dilakukan secara tidak transparansi melalui papan proyek, terjadi dugaan pemotongan anggaran yang tidak rasional dan tidak pernah menyampaikan atau mempublikasikan laporan pertanggung jawaban dana desa secara terbuka kepada masyarakat umum.

“Kami mendesak kepala desa dalam menetapkan usulan yang akan didanai harus berdasarkan kebutuhan masyarakat bukan berdasarkan kelompok tertentu,” pintanya.

Pihaknya juga, mendesak kepala desa untuk tidak diskriminasi dalam penentuan anggaran pada setiap dusun dalam hal pemerataan pembangunan setiap dusun. Belum lagi soal kades yang dinilai tidak transparansi dalam  pengunaan dana desa secara terbuka kepada masyarakat umum.

“Kami juga mendesak kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk membuka kembali Laporan Pertanggung Jawaban Penggunaan Dana Desa mulai dari tahun anggaran 2015 sampai 2018 melalui musyawarah terbuka,” tambahnya.

Kepala Desa Benteng Gattareng, Kamaluddin Pilo dihadapan para demonstran membantah tudingan yang dialamatkan kepada pihaknya. Menurutnya, tudingan tidak berdasarkan pada fakta dilapangan. Pasalnya, dari 136 desa dan kelurahan di Bulukumba, Desa Benteng Ganttareng masuk dalam salah satu desa maju.

“Dan itu penilaian dinas dan lembaga yang berkompeten. Logikanya tidak mungkin kita masuk kategori desa maju jika tidak transparan dalam melakukan pengelolaan dana desa,” jelasnya.

Meski begitu, ia mengapresiasi atas aksi yang dilakukan sejumlah pemuda di desanya sebagai bentuk partisipasi dan perhatian terhadap pengelolaan tata Pemerintahan Desa Benteng Gattareng.

“Saya ini salah satu kades dengan latar belakang ustad. Apa yang saya lalukan selalu dinafasi nilai-nilai keislaman, tidak mungkin saya mau main-main anggaran negara. Soal LPJ itu tidak semua bisa dipublis, tapi hanya dilaporkan kepada bupati,” tambahnya. (faj/has/B)

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!