Radar Selatan

Hot News

Kekurangan Sarana, Sekolah Pinjam Laptop

PERSIAPAN UNBK. Kepala SMP Negeri 2 Bulukumba, Muhammad Asdar memeriksa peralatan UNBK sebagai persiapan menjelang ujian April mendatang. Seperti tahun lalu, tahun ini SMP Negeri 1 Bulukumba kembali meminjam laptop karena minimnya sarana di sekolah.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — April mendatang, Sekolah Menangah Pertama (SMP) di seluruh Indonesia serentak menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Di Kabupaten Bulukumba, satu sekolah favorit yakni SMP Negeri 1 Bulukumba terpaksa akan meminjam puluhan laptop untuk bisa menggelar UNBK.

Keputusan tersebut terpaksa diambil pihak sekolah untuk memenuhi kebutuhan perangkat komputer.
Kepala SMP Negeri 1 Bulukumba, Muhammad Asdar menjelaskan, pelaksanaan UNBK akan dibagi menjadi tiga sesi dalam satu hari dengan jumlah 120 perangkat komputer dan laptop.

“Pihak sekolah pun terpaksa meminjam laptop para siswa, agar seluruh siswa bisa mengikuti UNBK.
Tahun lalu juga kami pinjam laptop orang tua siswa,” kata Muhammad Asdar saat ditemui belum lama ini.
Menurutnya, pinjam laptop adalah solusi terakhir, apalagi melalui persetujuan wali siswa. “Jadi sebelum ujian, kami lakukan dulu pertemuan dengan komite sekolah untuk membahas solusi itu,” tuturnya.

Ujian nasional yang digelar April mendatang akan diikuti sebanyak 112 sekolah di Kabupaten Bulukumba yang terbagi dalam 70 sekolah dibawah naungan Disdikbud dan 42 naungan Kementerian Agama.

Untuk naungan Disdikbud, 70 sekolah tersebut tidak semuanya mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kumputer atau UNBK. Dari data yang diperoleh, hanya 28 sekolah yang siap ujian berbasis komputer, dan 42 sekolah masih mengikuti ujian berbasis kertas pensil.
Sementara untuk sekolah dibawah naungan Kementerian Agama Bulukumba lanjut Jawaruddin, dipastikan 100 persen akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer dengan jumlah peserta ujian sebanyak 1767 siswa.

Adapun total jumlah peserta didik di kabupaten Berjuluk Butta Panrita Lopi ini yang siap mengikuti ujian nasional sebanyak 6947 siswa. (has)

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!