Beranda Bulukumba Kembangkan Kahayya, Anggaran Khusus Disiapkan

Kembangkan Kahayya, Anggaran Khusus Disiapkan

Jumat, 28 Juni 2019, 18:41 WITA
SPOT WISATA. Air terjun Coloia merupakan salah satu spot wisata di Desa Kahayya, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba. Wisata alam di Kahayya akan dikembangkan Pemkab Bulukumba.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Pemerintah Kabupaten Bulukumba berkomitmen mengembangkan pariwisata, tak hanya wisata bahari, juga wisata alam.
Desa Kahayya yang terletak di Kecamatan Kindang masuk dalam prioritas sehingga Bupati Bulukumba AM. Sukri Sappewali menyiapkan anggaran khusus.

“Akan ada anggaran khusus yang disiapkan untuk Kahayya, anggaran itu demi menunjang infrasturktur pariwisata disana,” ujar Andi Sukri sapaan akrab Bupati Bulukumba, saat ditemui, Kamis, 27 Juni 2019.
Kata bupati, Desa Kahayya merupakan salah satu destinasi wisata pegunungan di Kabupaten Bulukumba yang mulai terekspos sejak beberapa tahun lalu.
Kahayya masuk dalam daftar tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke daerah yang bertajuk Butta Panrita Lopi ini. Keindahan panorama alam dan keramahan para penduduknya merupakan daya tarik unggulan.

Selain penyiapan anggaran khusus, lanjut Andi Sukri, infrastruktur berupa jalan akan segera direalisasikan tahun ini. Pengerjaan jalan diperkirakan sepanjang 2,2 km dengan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Intensif Daerah (DID). Pembukaan dan perbaikan jalan dibagi dalam dua kegiatan yakni rabat beton dan laston.

“Untuk pengaspalan jalan, tahun ini sudah akan terlaksana, jadi kita perbaiki dulu akses kesana dan akan dilanjutkan dengan infrastruktur penunjang lainnya, tinggal menunggu tender,” tambahnya.
Anggaran khusus itu sendiri nantinya akan digunakan untuk penanaman tanaman hias dan sarana penunjang pariwisata lainnya.
“Kami akan membuat taman bunga disana juga sarana wisata lainnya, untuk anggaran pastinya saya belum tahu masih dibicarakan dulu,” katanya. (jar/has)