Ketua Partai Hingga Kades, Daftar Calon Bupati Bulukumba

by
BALON BUPATI. Dua Bakal Calon Bupati Bulukumba Andi Bau Amal dan Muhammad Amir berbincang dengan Koordinator Penjaringan Desk Pilkada PDIP, Zulkifli Saiyye, Minggu, 9 September 2019.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Semanjak dibuka pada 1 September 2019 lalu, setidaknya hingga hari ini sudah ada 14 figur Bakal Calon Bupati Bulukumba yang mendaftarkan diri di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Menariknya, dalam pendaftaran itu terungkap sejumlah nama figur yang juga ada niatan maju di Pilkada, padahal sebelumnya tak pernah terdengar di publik.
Seperti Kades Lolisang, Kecamatan Kajang, Muhammad Amir dan ada nama mantan politisi Demokrat, Andi Mahfud.

Dari 14 nama yang telah mendaftarkan diri, terungkap ada empat ketua partai politik yang mencoba peruntungan di partai berlambang moncong putih ini, diantaranya Ketua Nasdem Tomy Satria Yulianto, Ketua PPP Askar HL, Ketua Golkar Andi Hamzah Pangki dan Ketua PAN Andi Zulkarnain Pangki.
Dari kalangan profesional, ada nama Andi Irwan Nur, Isradi Syafruddin, Jamaluddin M Syamsir, AM Juharta dan Andi Makkasau.

Juga ada dari kalangan birokrasi yakni, Andi Bau Amal yang tak lain Sekda Bulukumba, dan Andi Mattampawali Sekretaris Dinas Pariwisata yang juga adik Bupati Bulukumba.
Koordinator Penjaringan Desk Pilkada PDIP, Zulkifli Saiyye yang ditemui mengatakan para pendaftar memiliki waktu hingga 14 September 2019 mendatang untuk mengembalikan berkas form isian yang dilampirkan bersama formulir.

“Kemungkinan masih ada figur yang mendaftar. Kita terbuka untuk umum dan ini gratis. Kalau dari kader sendiri belum ada. Jadi misal ada kader yah harus ikuti proses juga,” jelasnya, Minggu, 8 September 2019.

Sementara itu, Andi Bau Amal mengatakan akan mengikuti prosedur yang berlaku di partai PDIP. Iapun mengapresiasi partai besutan Megawati Sukarno Putri itu lantaran tak memungut sepeserpun biaya pendaftaran.

“Saya pikir ini langkah yang amat baik, demi lahirnya proses demokrasi yang bersih. Memang harus diawali dari partai,” ujarnya.

Ditanya soal kesiapan lainnya menghadapi Pilkada, Ansi Bau Amal mengaku belum bergerak massif sama dengan beberapa figur lainnya. Dirinya masih fokus pada tugasnya selaku sekretaris daerah.
“Tapi alhamdulillah beberapa bocoran lembaga survei nama kita selalu di jajaran yang baik. Jadi memang kita belum bekerja massif, yah silaturahmi biasa kayaknya yang memang kita lakukan setiap harinya,” katanya. (*)

REPORTER: RAKHMAT FAJAR
EDITOR: HASWANDI ASHARI