Klaim Kemenangan Warnai Proses Rekapitulasi, KPU:  Semua Pihak Harus Menahan Diri

by
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Meski belum ada hasil resmi dari perhitungan  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, saling klaim kemenangan sudah mewarnai proses rekapitulasi. Klaim kemenangan ini bahkan sudah terjadi H+1 Pemungutan Suara, 17 April lalu.
Pantuan Radar Selatan, sejumlah Caleg sudah mengumumkan kemenangan dengan dasar perhitungan  C1 dan perekapan internal yang diklaim dimiliki oleh tim masing-masing Caleg. Bahkan dua hari setelah pemungutan suara pada 17 April lalu, sejumlah list nama-nama pemenang di empat dapil di Bulukumba sudah beredar luas meski dengan sumber dan data yang kevalidannya masih diragukan.
Di daerah pemilihan empat misalnya, yang meliputi daerah pemilihan Kajang, Herlang dan Bonto Tiro, sejumlah list yang bakal duduk di kursi terhormat mulai bertebaran. Salah satu nama yang masuk dalam list itu adalah, Supriadi. Caleg PAN nomor urut satu itu mengklaim memiliki perolahan suara tertinggi diinternalnya dan menumbangkan caleg petahana Abd. Rajab.
“Alhamdulillah dinda dari data C1 yang kita pegang kita sudah selisih 300 suara. Paling tertinggi semoga hasilnya di KPU begitu, tapi kita tetap menghargai proses di KPU, kita fokus mengawal saja,” jelas Supriadi saat dihubungi Radar selatan, Minggu 21 Maret.
Tak mau kalah, ditubuh Nasdem pun demikian, Caleg Petahana, H. Muh. Tamrin pun berkeyakinan akan lolos kembali menjadi wakil rakyat mewakili dapil IV. “Insya Allah saya akan terpilih kembali, suara sudah diangka 1.700. Alhamdulillah saya yang tertinggi. Tapi tetap menunggu rekap selesai di Kabupaten,” paparnya.
Di Dapil Ujungbulu, Ujungloe dan Bonto Bahari, sejumlah caleg juga sudah mengklaim kemenangannya. Dari Partai Nasdem yang disebut-sebut memiliki suara signifikan adalah St. Aminah Syam dan Denyce Laurent Agung. Ryan, tim dari Denyce menyebutkan suara Denyce Laurent Agung dari data yang masuk sudah mencukupi untuk satu kursi di DPRD Bulukumba. Meski begitu, pihaknya mengaku tetap menghargai tahapan yang sedang berlangsung.
Menanggapi hal itu, Komisioner KPU Bulukumba, Divisi Hukum, Syamsul menjelaskan, aampai saat ini pihaknya masih melakukan proses rekapitulasi di tingkat kecamatan. Karena itu, ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengawal proses rekapitulasi  dengan baik.
“Kami juga dari awal menegaskan kepada seluruh jajaran kami, agar komitmen menjaga kemurnian hasil pemilu, menjaga suara rakyat yang disalurkan di 1.244 TPS pada tanggal 17 April kemarin,” paparnya.
Soal adanya  pihak yang mengklaim, dinilai adalah  hak semua pihak selama memiliki dasar dan bisa dipertanggungjawabkan. Meski begitu, pihaknya  mengajak semua caleg dan tim sukses  agar menahan diri. Jangan ada euforia yang berlebihan yang bisa memicu ketersinggungan antarpihak.
“Mari kita bersama-sama menjaga kondisi dan keamanan daerah yang kita cintai ini,” ajaknya. (faj)
Loading...