KOMITMEN BERIKAN PELAYANAN TERBAIK KEPADA PESERTA, BPJS KESEHATAN LUNCURKAN BPJS KESEHATAN SATU

Bulukumba (Jamkesnews)–Akhir tahun seringkali menjadi periode yang sangat menyibukkan bagi sebuah organisasi ataupun institusi pelayanan masyarakat sehingga rentan terjadi penurunan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Akan tetapi, hal sebaliknya justru terjadi di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bulukumba. Tepat pada hari Senin, 9 Desember 2019. Kantor Cabang Bulukumba resmi meluncurkan program “BPJS Kesehatan SATU”.

BPJS Kesehatan SATU sendiri merupakan akronim dari BPJS Kesehatan “SIAP MEMBANTU” merupakan suatu bentuk program layanan yang menempatkan petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
Seperti di RSUD Sulthan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba, dimana mulai hari Senin, akan ada petugas PIPP yang senantiasa siap memberikan informasi maupun menerima pengaduan dari peserta JKN-KIS.

Petugas PIPP yang bertugas pun tidak hanya satu melainkan ada dua, tidak hanya dari BPJS Kesehatan namun juga dari internal rumah sakit. Kegiatan perkenalan staf PIPP tersebut bertempat di ruang Direktur RSUD Sulthan Daeng Radja oleh Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Supratman, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan, Sudarmono, dan petugas PIPP untuk RSUD Bulukumba, I gde Bayu Edwin Jenuar serta Plt. Direktur RSUD Sulthan Daeng Radja,dr. H. Abdur Radjab H, MM, sedangkan untuk petugas PIPP dari internal Rumah Sakit adalah Nidharwati, Amd. Keb.

Setelah diperkenalkan, petugas PIPP pun langsung bertugas. Mengambil tempat di dekat loket pendaftaran dengan mengenakan atribut resmi berupa vest berwarna kuning, membuat petugas PIPP mudah dikenali sehingga beberapa peserta terlihat menghampiri petugas PIPP untuk menanyakan prosedur penggunaan Kartu JKN-KIS mereka. Ditemui di sela-sela kegiatan pengenalan BPJS Kesehatan SATU,

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Supratman menyampaikan “ini merupakan bentuk komitmen BPJS Kesehatan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada peserta serta memberikan respon yang cepat dan tepat terhadap pengaduan peserta sehingga tidak terjadi lagi miskomunikasi antara BPJS Kesehatan, Peserta maupun Fasilitas Kesehatan, BPJS Kesehatan SATU ini juga ada di RSUD Jeneponto, Bantaeng, dan Kepulauan Selayar, serta semua Rumah Sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan” tutup Supratman. (ADV)

Narasumber : Supratman
Wartawan : Tim Jamkesnews