KPU Jadwalkan Rekap Kecamatan Sampai 25 April

by

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Perekapan tingkat kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Bulukumba tengah berlangsung. Rencananya jika sesuai jadwal, maka perekapan tingkat PPK akan berkangsung hingga 25 April 2019.Komisioner KPU Bulukumba, Wawan Kurniawan menjelaskan dalam perekapan tersebut seluruh pihak berwenang hadir untuk menyaksikan dan mengawasi. Perekapan pun dilakukan jika Panwascam, Saksi partai hadir di lokasi perekapan.
“Mulai tanggal 20 sampai 25 April, semoga ini tidak bergeser. Doakan seluruh penyelenggara dan pihak- pihak terkait dalam kondisi sehat sehingga proses tak terganggu,” harapnya. Wawan juga berharap agar masyarakat tidak percaya dengan isu dan hoax soal ketidaknetralan KPU. Ia menegaskan akan menjaga kemurnian demokrasi di mana suara masyarakat akan sampai kepada yang berhak.
“Tidak ada ruang bagi oknum untuk bermain. Mulai tingkat bawah ada PTPS, ada PPL, Panwascam hingga tingkat Kabupaten, belum lagi saksi. Jadi mari kita berpikir positif dan sama-sama kita kawal perekapan ini,” ajaknya.
Sementara itu guna memaksimalkan waktu yang ada, proses rekapitulasi di seluruh kecamatan dilakukan dengan cara pararel atau dua lokasi perekapan di tempat yang sama. Seperti halnya yang dilakukan di Kecamatan Herlang. “Makanya kami minta partai untuk menyiapkan saksi dobel, harus dilengkapi mandat itu untuk mengefisienkan waktu. Namun tetap mengacu pada aturan dan proses yang disepakati bersama. Jadi rekapnya itu perdesa, sekaligus di rekap dari perolahan suara presiden, DPD, DPR RI hingga kabupaten. Sistemnya nanti selesai semua baru beralih ke desa selanjutnya,” terang Ketua PPK Herlang. Arifuddin.
Sampai kemarin, para petugas di tingkat kecamatan masih terus melakukan rekap suara. Dari pemantauan RADAR SELATAN, proses rekap diperkirakan masih berlangsung sampai beberapa hari ke depan. Di Kecamatan Ujungloe misalnya, sampai pukul 14.00 Wita, baru dua desa yang selesai perekapan. Sementara di Kecamatan Kajang, sampai pukul 13.00 Wita baru menyelesaikan rekap suara untuk satu desa. Di Kecamatan Bulukumpa sampai pukul 12.30 Wita baru menyelesaikan rekap suara untuk Desa Kambuno dan Desa Bonto Mangiring. (fajar)