KPU Siapkan Syarat Minimum Calon Independent

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Jumlah minimum dukungan bagi calon perseorangan belum ditetapkan. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bulukumba akan melakukan rapat pleno 26 Oktober mendatang.

Ketua Divisi Perencanaan Program, Data dan Informasi, Wawan Kurniawan mengatakan bahwa calon independent membutuhkan dukungan sebesar 8,5 persen dari DPT terbaru, jumlah itu berdasarkan aturan PKPU, dimana Bulukumba masuk pada range jumlah penduduk antara 250 ribu hingga 500 ribu.

“Sementara kita melakukan validasi data jumlah DPT. Saya belum bisa menyampaikan jumlah rillnya berapa, jadi nanti melalui pleno kita sampaikan, jangan sampai sekarang kita sampaikan yang belum masuk tahapannya,” jelasnya belum lama ini kepada RADAR SELATAN.

Dia menyebut sudah jauh-jauh hari menyampaikan informasi tersebut. Wawan menilai waktu yang tersedia cukup panjang. Pada 26 Oktober nanti KPU akan menetapkan jumlah minimum dukungan secara resmi melalui rapat pleno.

Ia menegaskan, surat dukungan untuk bakal calon independent nanti tidak membutuhkan materai. Sebarannya pun mesti merata di setiap kecamatan. Kemudian bakal calon harus sudah berpasangan.

Terbaru, dukungan tidak kolektif seperti sebelumnya. Tapi diubah menjadi per orang per lembar. Jadi dalam satu formulir dukungan disertakan satu KTP. Sehingga tak mudah direkayasa. Dukungan harus asli,” tegas dia. (faj/has)