Mahasiswa UNS Edukasi Pencegahan Covid-19 ke Warga Lewat Daring

BULUKUMBA,RADARSELATAN–Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat Universitas Sebelas Maret (UNS) untuk mendorong mahasiswa dalam memberi kontribusi ke desa-desa melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Selama ini kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengharuskan mahasiswa berbaur dengan warga, namun di masa pandemi ini, mereka diharuskan melaksanakan kegiatan secara online.

Bella Oktaviani, salah seorang peserta KKN Covid-19 UNS mengaku kegiatan KKN secara daring memang bertujuan untuk meminimalkan terkena penularan covid. Bahkan, untuk komunikasi dengan sesama tim KKN mereka melakukan secara online. “ Komunikasi bersama tim KKN dan DPL dilakukan menggunakan Whatsapp group dan dalam pelaksanaannya kita dituntut mandiri di lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing, ” ujarnya.

“ Sistem KKN dilakukan individu di lingkungan tempat tinggal mahasiswa, maka dari itu program kerja yang dibuat harus menyesuaikan kondisi sekitar, ” tutur Bella Oktaviani Mahasiswi Fakultas Pertanian UNS yang selama dua bulan, mulai Mei-Juni 2020 di RT 01/ RW 04 Kelurahan Caile Kabupaten Bulukumba dengan tema kesehatan masyarakat.

Melalui media sosial Instagram, ia memberikan edukasi tentang protokol kesehatan, fakta dan mitos covid-19 dan mengajak masyarakat untuk berperilaku pola hidup bersih dan sehat. Selain melalui media sosial, ia juga memfasilitasi masker dan memberikan edukasi secara langsung ke pedagang di Pasar Sentral Bulukumba. Edukasi pembuatan masker kain dan hidroponik sederhana turut dilakukan untuk menunjang keberhasilan kegiatan KKN Covid-19 UNS.(ian)

Peserta KKN Covid-19 dari UNS memberikan edukasi dan masker
ke Pedagang Pasar Sentral Bulukumba