MANFAAT JKN-KIS : DIRASAKAN ISTRI, MERINGANKAN SUAMI

Bulukumba (Jamkesnews). JKN-KIS–Masyarakat tentu sudah tidak asing dengan program tersebut. Begitu juga dengan Syuaib (33). Awalnya ia sempat ragu dan sangsi dengan kredibilitas program tersebut, apalagi selama ini ia juga belum pernah menggunakan asuransi swasta lainnya. Situasi berubah, ia pun mulai sedikit tertarik mendaftar dikarenakan istrinya tengah hamil.
Di sisi lain, ia kerap kali melihat lalu-lalang mobil Mobile Customer Service di sekitar tempat tinggalnya. Ia pun akhirnya penasaran dan ia pun akhirnya mendaftarkan diri beserta istrinya di kantor BPJS Kesehatan Bulukumba.

Selang beberapa bulan kemudian, ia pun merasakan “hebatnya “ manfaat JKN-KIS yang ia gunakan ketika persalinan istrinya. “wah…awalnya saya tidak menyangka Pak karena sebelum mendaftar, saya sering mendengar cerita orang-orang yang pernah pakai; tapi setelah merasakan sendiri…akhirnya saya punya pengalaman bagus ketika menggunakan kartu ini”, ucapnya dengan antusias ketika ditemui Tim Jamkesnews di rumahnya.

“Kalau untuk pengalaman kemarin, Alhamdulillah semuanya mudah pak, sejak istri kontrol kehamilan di puskesmas, sampai melahirkan semuanya tidak dipersulit, pelayanannya bagus kok tidak dibeda-bedakan meskipun saya hanya pakai di kelas 3, jadi sangat meringankankepala rumah tangga seperti saya ini”, ceritanya dengan penuh semangat.

Ditanya tentang berita penyesuaian iuran, ia pun manyampaikan opininya “terus terang pak, saya ini hanya petani cengkeh dan itupun musiman jadi penghasilan
tak tentu, tapi setelah merasakan manfaat dari program ini, saya langsung daftar autodebet di bank untuk pembayaranya, karena khawatir lupa bayar lalu menunggak dan terasa berat”, “yang penting kalau ada penghasilan dari hasil cengkeh, langsung sebagian saya simpan di bank memang untuk bayar iuran BPJS Kesehatan”, tuturnya.

Sebagai penutup, ia pun menyampaikan harapannya kepada BPJS Kesehatan. “Semoga program ini terus ada pak, namanya sakit tidak padang kaya atau miskin; sekarang banyak yang kaya-kaya sampai harus jual hartanya untuk berobat; apalagi orang miskin pak, adanya program JKN-KIS ini juga bukti bahwa program pemerinntah ada yang bagus, tinggal kita yang harus sadar diri untuk ikut berkontribusi, minimal dengan rutin membayar iuran tepat waktu..syukur kalau sudah dibayar langsung dari rekening pak.”,tutupnya. (ADV)

Narasumber : Syuaib
Usia : 33 Tahun
Nomor kartu : 0002752383363 Alamat : Kelurahan Borong Rappoa, Kab. Bulukumba