Mensos Kunjungi Makam Sultan Hasanuddin

by
KUNJUNGI MAKAM. Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita saat mengunjungi makam Sultan Hasanuddin.

GOWA, RADAR SELATAN — Menteri Sosial Republik Indonesia (RI) Agus Gumiwang Kartasasmita berkunjung di Makam Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin di Jl. Palantikang, Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Selasa, 16 Juli 2019.
Kunjungan tersebut dilakukan sebagai rangkaian hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Pahlawan. Untuk di Kabupaten Gowa, Menteri Sosial RI meresmikan pembangunan/rehabilitasi Komplek Taman Makan Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin.

Menurut Agus Gumiwang, kemerdekaan yang dirasakan saat ini merupakan hasil perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri seperti Sultan Hasanuddin.
“Selayaknya kita menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan diantaranya dengan melakukan perawatan kebersihan makam pahlawan Nasional seperti yang saat ini kita lakukan,” ujarnya.
Ia pun berharap, melalui pembangunan/rehabilitasi Komplek Taman Makam Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin ini dapat lebih meningkatkan fungsi makam Nasional. Bukan hanya sebagai tempat jenazah pahlawan dimakamkan.

“Saya berharap makam ini bisa dijadikan sebagai sarana penanaman nilai kepahlawanan, keperintisan, kesetiakawanan, dan restorasi sosial bagi generasi penerus bangsa,” harapnya.
Jika hal ini bisa difungsikan kata Agus, maka taman makam pahlawan dapat dijadikan sebagai sarana edukasi dan objek studi ziarah wisata. Sehingga, masyarakat dapat memperoleh pengetahuan atau informasi mengenai sosok dan perjuangan pahlawan yang dimakamkan dalam hal ini Sultan Hasanuddin.

“Dengan menjadikan makam Sultan Hasanuddin sebagai destinasi ziarah wisata, maka diharapkan dapat lebih menarik minat masyarakat khususnya generasi muda untuk mengunjungi makam Sultan Hasanuddin ini,” katanya.

Sementara Dirjen Pemberdayaan Sosial RI, Pepen Nazaruddin menyebutkan pada tahun 2018 lalu, Kementerian Sosial melakukan pembangunan/rehabilitasi MPN Sultan Hasanuddin di Kabupaten Gowa melalui alokasi dana APBN sebesar Rp2 miliar.
“Dana ini digunakan untuk pekerjaan Taman dan Parkir, Balai Pertemuan, Tugu Batu Palantikan, Baruga dan Gerbang Pagar Makam,” ungkapnya.

Selain menggunakan dana dari APBN, pembangunan Komplek Makam Sultan Hasanuddin ini juga diserap dari dana APBD kabupaten Gowa sebesar Rp2.500.000.000.
“Dana inj digunakan untuk pekerjaan dana Signage, Jalan Pedistrian, Sclupture, Gazebo, Gapura, dan nama,” tutupnya. (hen/has)