Murid SD 178 Tulekko Terganggu Bau Kandang Ayam

by
PAKAI MASKER. Guru dan murid SDN 178 Tulekko, Desa Bontomarannu, Kecamatan Bontotiro mengikuti proses belajar mengajar menggunakan masker karena di sekitar lokasi sekolah berdampingan kadang ayam.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.CO.ID — Ratusan murid SDN 178 Tulekko, Desa Bonto Marannu, Kecamatan Bonto Tiro sudah beberapa bulan terakhir ini melaksanakan proses belajar mengajar menggunakan masker.

Penggunaan tutup mulut atau masker itu disebabkan bau menyengat dari kandang ayam peternakan yang berdampingan dengan gedung sekolah.
Infomasi yang dihimpun RADAR SELATAN, jika kondisi tersebut telah berlangsung hampir setahun ini, baik siswa maupun guru mereka harus menggunakan masker agar menghindari polusi udara karena bau menyengat di sekitar sekolah.

Kepala Desa Bonto Marannu, Pahruddin yang dikonfirmasi terkait hal itu membenarkan. Diakui kondisi tersebut sudah berlangsung selama berbulan-bulan lamanya. Pemakaian masker itu dilakukan lantaran di sekitar sekolah terdapat peternakan ayam milik warga, sehingga sewaktu-waktu bau menyengat di sekitar lokasi.

“Iya benar ada memang karena antara gedung sekolah dan kandang ayam berdekatan. Jaraknya tidak sampai 10 meter,” jelasnya, Senin, 14 Januari 2019.
Diakui, baik pihak sekolah dan pemerintah setempat telah melakukan mediasi. Hanya saja hingga saat ini belum menemukan jalan tengah. Ia berharap agar pihak terkait memberikan perhatian.

“Kebetulan istri saya yang juga kepala sekolahnya. Sudah kita komunikasikan juga. Memang itu lahannya warga yang punya peternakan,” terangnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Bulukumba, Ahmad Januaris mengaku belum mengetahui infomasi tersebut, bahkan diakui tak ada laporan yang diberikan kepala sekolah maupun pengawas sekolah. Ia mengaku baru mengetahui infomasi tersebut dari wartawan.
“Iya saya mau komunikasi dulu sama kepala sekolahnya apa memang benar ada hal seperti itu.
Karena laporan juga tidak ada yang masuk, kami baru cari tahu itu dan jika benar akan dicarikan solusinya,” jelasnya. (faj/has)