NasDem dan Golkar Berpeluang Koalisi

by

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Selain akan bersaing ketat, dua partai besar yakni NasDem dan Golkar juga disebut kuat akan berkoalisi pada Pilkada 2020 mendatang, tak terkecuali di pilkada Bulukumba.

Pengamat Politik, Dr. Hermansyah mengatakan dalam politik seluruh kemungkinan bisa terjadi, termasuk arah koalisi. Untuk partai NasDem dan Golkar keduanya sangat kuat menjalin koalisi mengingat kedua partai tersebut adalah partai pengusung pemerintahan Jokowi.

“Bukan hanya itu, banyak politisi NasDem di level atas sampai daerah itu berasal dari Golkar. Bahkan pendiri NasDem Pak Surya Paloh kan orang Golkar tulen. Tentu memiliki ikatan historis dan ikatan emosional yang kuat,” jelasnya, Rabu, 6 November 2019.

Sementara itu, Ketua Golkar Bulukumba, Andi Hamzah Pangki mengungkapkan hal yang sama. Baginya dalam politik semua hal bisa saja terjadi dan begitu dinamis. Adanya kemungkinan Golkar dan NasDem berkoalisi di Pilkada Bulukumba adalah hal yang bukan tak mungkin terjadi ataupun akan menjadi kawan kompetitor.

” Golkar dan NasDem apakah berhadap-hadapan atau berpasangan tentu masih dinamis dan kembali ke perintah partai karena yang memberikan perintah rekomendasi adalah partai. Intinya secara keseluruhan bakal calon ini semua masih dinamis dan tentu belum ada yang saling mengklaim karena proses masih panjang dan masih banyak tahapan yang mesti dilalui,” paparnya.

Terpisah, Ketua NasDem Bulukumba, Tomy Satria Yulianto juga mengakui hal tersebut bisa saja terjadi. Bahkan ia berharap Golkar menjadi salah satu partai koalisi NasDem di Pilkada.

“Saat mengembalikan formulir dan tes wawancara oleh DPD I Golkar, saya menyampaikan niatan dan harapan saya bisa bersama Golkar di pilkada nanti. Semoga doa-doa baik ini terjawab,” harapnya. (*)

REPORTER: RAKHMAT FAJAR
EDITOR: HASWANDI ASHARI

Loading...