Radar Selatan

Pilkada

PAN Beralih Dukung Edy Manaf

* Maju Pilkada Gantikan AZP

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Konstalasi politik jelang Pilkada Bulukumba kian dinamis, Partai Amanah Nasional (PAN) misalnya, Andi Zulkarnain Pangki (AZP) yang sebelumnya menguat, kini nama kader PAN lainnya yakni Andi Edy Manaf ikut menguat.

Hal itu terkuat usai Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) mengubah keputusan usungan di Pilkada Bulukumba. Setelah menggelar rapat harian, Senin, 16 Maret 2020 DPW PAN Sulsel merumusukan kandidat calon kepala daerah yang akan diusung di 12 kabupaten dan kota. Termasuk perubahan arah dukungan di Pilkada Bulukumba dimana nama Andi Edy Manaf menguat.

Anggota Tim Deks Pilkada DPW PAN Sulsel, Muhammad Rusli mengakui pembahasan Pilkada Bulukumba paling dinamis dan cukup alot. Alasannya, AZP yang telah mendapatkan surat tugas tak mampu menggenapkan dukungan parpol.

“Bulukumba kemarin salah satu daerah yang cukup alot dibahas. Kita sudah memutuskan Andi Edy Manaf sebagai alternatif,” kata Muhammad Rusli.

Olehnya dalam rapat tersebut Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi meminta kepada Andi Edy Manaf untuk mempersiapkan diri bertarung di Pilkada Bulukumba.

Kahfi juga membeberkan ada tiga bakal calon kepala daerah Bulukumba yang intens membangun komunikasi dengan DPW PAN Sulsel, diantaranya Muchtar A Yusuf, Andi Hamzah Pangki dan Jamaluddin M Syamsir.

Tiga nama itu, berdasarkan pengakuan Kahfi yang disampaikan Rusli, memungkinkan untuk dipaketkan dengan Andi Edy. Namun yang paling intens membangun komunikasi hingga saat ini adalah Andi Utta, sapaan akrab Muchtar A Yusuf.

“Nanti tinggal disimulasikan kekuatannya, apakah pak Andi Edy Manaf yang didampingi atau pak Andi Edy Manaf yang mendampingi,” ungkapnya.

Ditegaskan Rusli bahwa keputusan itu memang sudah bulat. Namun sifatnya salah satu alternatif, bukan alternatif tunggal. Kata dia, keputusan Andi Edy diminta bertarung adalah alternatif utama.

“Jadi pak Kahfi yang meminta langsung dan peserta memutuskan itu. Pak Andy Edi Manaf langsung diminta bergerak cepat siap tarung, waktu masih cukup lama,” ungkapnya.

Dikatakan Rusli, pengurus harian DPW PAN Sulsel sangat merespon baik keputusan rapat itu dan siap ikut terlibat membangun komunikasi, agar tahapan kandidasi bisa rampung segera.

Sementara itu, Andi Edy Manaf tak menampik kabar tersebut, hanya saja saat ini ia masih fokus pada tugas utamanya selaku anggota DPRD Provinsi Sulsel mewakili dapil Bulukumba dan Sinjai.

“Intinya saya hormati dan hargai itu, tentu ada variabel dan cara pandang DPW hingga nama saya dimunculkan. Tapi saya harus membangun komunikasi dengan keluarga, kerabat dan relasi, nanti kita lihat bagaimana. Politik itu dinamis dan politik itu untuk kebaikan,” ujarnya. (faj/has

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!