Panitia Pilkades Swatani Bantah Tak Netral

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Swatani, Kecamatan Rilau Ale membantah keras tudingan jika dianggap tidak netral dalam pelaksanaan pilkades yang saat ini sudah memasuki tahapan pendaftaran calon.

“Ada tudingan dari beberapa bakal calon bahwa panitia tidak netral, bahkan kami (panitia) disebut-sebut pilih kasih. Tudingan itu semua tidak benar,” kata Bachri Amin, selaku Ketua PPKD Swatani, Selasa, 21 Januari 2020.

Menurutnya, pihak panitia sudah menjalankan tugasnya sesuai aturan yang ditetapkan. PPKD kata Bachri Amin hanya menerima berkas bakal calon yang diperintahkan Panitia Pemilihan Kabupaten (PPK).

“Soal lolos atau tidaknya berkas bakal calon, itu bukan kewenangan panitia desa tapi kewenangan panitia kabupaten. Tapi sebagai panitia di desa, kami juga diminta untuk memperbaiki semua berkas bakal calon agar tidak muncul masalah di tingkat kabupaten,” tegasnya.

Mewakili panitia lainnya, Bachri Amin juga menepis tudingan salah satu bakal calon yang menyebut hidup dan mati masyarakat enam tahun ke depan ada di pundak panitia.

“Yang menentukan menang atau kalahnya calon ada di tangan pemilih (masyarakat), bukan di tangan panitia. Jadi hidup dan matinya masyarakat ada di tangan masyarakat sendiri, bukan di tangan panitia,” tutur Amin.

Untuk meyakinkan masyarakat dan para bakal calon kepala desa khususnya di Swatani, PPKD Swatani melalui ketuanya mengajak kepada semua pihak untuk ikut mengawal proses pilkades agar berjalan jujur dan adil.

“Bahkan kami juga berharap masyarakat ikut mengawal kinerja PPKD Swatani. Sekali lagi kami tegaskan bahwa tidak ada kepentingan pribadi dalam pelaksanaan pilkades ini,” tegasnya. (*)