Parpol Masih Saling Menjajaki Koalisi

by
Zulkarnain Pangki dan Tomy Satria
BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Arah koalisi partai politik di Kabupaten Bulukumba jelang Pilkada belum tergambar jelas. Meski akhir-akhir PPP dan PAN serta NasDem dan PDIP intens disebut bakal berkoalisi.
Ketua DPD NasDem Bulukumba, Tomy Satria Yulianto menjelaskan, hingga saat ini komunikasi antara seluruh partai masih terjadi dalam rangka penjajakan arah koalisi. Hal itu masih dalam kondisi wajar mengingat tak ada satupun partai di Bulukumba yang bisa tunggal mengusung kandidatnya di Pilkada.
“Belum ada, semua kemungkinan masih bisa terjadi. Adanya isu soal koalisi NasDem dengan PDIP misalnya, wajar mungkin karena melihat koalisi partai di pusat atau Nasional,” katanya.
Hal senada juga disampaikan, Andi Zulkarnain Pangki, Ketua DPD PAN Bulukumba. Menurutnya, dalam politik semua kemungkinan bisa saja terjadi termasuk arah koalisi partai politik. Bagi PAN dengan partai apa saja diajak koalisi bukanlah hal yang masalah selama sejalan, seirama dan searah dalam visi misi kebulukumbaan khususnya.
“Belum ada yang resmi. PAN dan Golkar bisa, PAN dan PPP bisa, semua masih bisa terjadi. Kan masih lama pendaftaran resmi di KPU, sekarang masih tahap komunikasi dulu,” ujarnya.
Begitupun soal arah paket hingga saat ini dirinya meyakini belum ada figur yang resmi 100 persen. Yang ada saat ini barulah simulasi paket guna melihat sejauh mana respon masyarakat.
“Termasuk saya, tetap melihat berbagai indikator karena politik itu juga harus realistis. Harus mempu mengukur tingkat keterpilihan. Bahasa kasarnya menang dulu sebelum bertarung,” tukasnya. (faj/has)
Loading...