Pelaku Curat dan Curanmor Diringkus

by
DIRINGKUS. Pelaku curat dan curanmor yang telah diringkus jajaran Polres Gowa.

GOWA, RADAR SELATAN — Kepolisian Resor (Polres) Gowa berhasil meringkus delapan pelaku kejahatan kasus pencurian dan pemberatan (Curat) serta kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Delapan pelaku yang diringkus di beberapa wilayah di Kabupaten Gowa ini terdiri dari pelaku curat yakni Muhammad Syarif (24), Bambang (24), Rizal alias Alex (36), dan Pajar (22). Sementara empat pelaku curanmor yang berhasil diringkus yakni Zainal (31), Rais (25), Rusli (25) dan Zubair (26).

Kasubag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan mengatakan bahwa delapan pelaku kejahatan yang berhasil diringkus ini merupakan hasil ungkapan Polres Gowa selama Operasi Sikat yang dimulai pada tanggal 1 hingga 9 Oktober 2019.

“Para pelaku sudah kita amankan bersama sejumlah barang bukti,” katanya saat merilis hasil ungkapan ini di Polres Gowa, Rabu, 9 Oktober 2019.

Tambunan menyebutkan, untuk para pelaku curat yang telah diamankan ini memang terkenal sebagai spesialis rumah kosong. Mereka melakukan aksi pencurian secara mobile saat melihat kondisi rumah korbannya kosong.

“Mereka baru mencuri saat melihat rumah korbannya kosong atau sepi. Beberapa barang bukti yang kita amankan diantaranya 3 buah handphone, pompa air, gerobak, dan barang bukti lainnya,” ungkapnya.

Sementara untuk pelaku curanmor, Polres Gowa berhasil mengamankan tiga unit motor serta beberapa pakaian yang dibeli dari hasil menjual motor curian tersebut.

“Pengakuan salah satu pelaku, satu unit motor ini dijual seharga Rp500.000,” ujar Tambunan.

Kepada masing-masing pelaku ini kata Tambunan, akan dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan pasal 480 KHUP dengan ancaman 4 tahun penjara.

Ia menambahkan, hingga saat ini jajaran Polres Gowa masih mengejar beberapa pelaku yang telah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Masih ada 3 pelaku yang kini DPO. Polres Gowa tidak akan segan-segan memberikan tindakan tegas kepada para pelaku kejahatan,” tegasnya. (hen/has)

Loading...